Antisipasi Virus Corona,Dinkes & KKP Pantau Lalulintas WNA
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)   Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes., M.Si

Antisipasi Virus Corona,Dinkes & KKP Pantau Lalulintas WNA

CILACAP – Pasca Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya  dua orang warga negara Indonesia atau WNI yang terjangkit Virus Corona, sejumlah pihak kini mulai kembali melakukan persiapan guna mengantisipasi menyebarnya virus tersebut di daerah. Termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap yang  merespon temuan  tersebut dengan langkah preventif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)   Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes., M.Si , mengatakan, langkah preventif yang dapat dilakukan antara lain, kembali menggiatkan program sosialisasi melalui setiap tenaga maupun kader kesehatan untuk mendorong masyarakat Cilacap agar menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.    

Selain itu, Dinkes Cilacap juga melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak untuk terus memantau lalulintas Warga Negara Asing atau WNA, khususnya di wilayah Cilacap.

“Kita Kabupaten Cilacap sebenarnya bukan pintu Negara dalam lalulintas WNA, namun kita harus  tetap mewaspadai terhadap  pelabuhan yang memang serikali disinggahi oleh kapal asing. Dari awak maupun crew kapalnya, selama ini yang singgah di Cilacap sudah discan diperiksa dengan baik sesuai standar Internasional oleh petugas kesehatan dan KKP,” kata dr. Pramesti, Senin (02/03).

Baca Juga : Cegah Penularan Virus Corona, Pemkab Cilacap Kirim 10.000 Masker ke Hong Kong

Terkait tempat lainnya, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes., M.Si , mengungkapkan, meskipun Bandara Tunggul Wulung Cilacap statusnya bukan sebagai Internasional, namun Dinkes bersama KKP sudah melakukan sejumlah persiapan guna mencegah masuknya virus Corona ke Cilacap.

“Kita bersama KKP, Keimigrasian,  juga sudah melakukan upaya pencegahan ditempat lain seperti Bandara Tunggul Wulung dan Stasiun maupun terminal.  Kita akan terus memantau lalulintas WNA di Cilacap,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dr Pramesti menegaskan, penyebaran Virus Corona sejauh ini dipastikan masih nihil di Kabupaten Cilacap. Kendati demikian masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tidak panik dalam menghadapi persoalan tersebut.

”Sejauh ini belum ada temuan di Cilacap. Kemudian masyarakat saya minta untuk jangan panik dan harus tetap waspada. Ikuti saja sesuai anjuran dari Kemenkes, terutama menjalankan PHBS yang bisa dilakukan oleh setiap masyarakat,“pungkasnya.(guruh/Arin Kominfo)

Jumlah Pengunjung : 851
image_pdfimage_print

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply