You are currently viewing Apel Pagi Bersama Awali Agenda Kerja 2021
Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji memimpin Apel Pagi awal tahun 2021 di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (4/1/2021).

Apel Pagi Bersama Awali Agenda Kerja 2021

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menegaskan, tahun 2021 merupakan saat untuk mematangkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan dalam Apel Pagi awal tahun 2021, di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (4/1/2021).

Bupati menjelaskan hal tersebut, karena sepanjang tahun 2020 seluruh dunia menghadapi situasi sulit. Ekonomi terguncang, instansi kesehatan kewalahan, sekolah dan lembaga lainnya diliburkan, kegiatan sosial keagamaan terganggu, serta urusan pemerintahan harus mencari model baru dalam pelayanan masyarakat.

Semangat Bangga Mbagun Desa di 2021

“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menegaskan kembali. Semangat Bangga Mbangun Desa harus menjadi pilar pilar utama dalam beradaptasi”, kata Bupati.

Pada pilar pendidikan, ada keresahan luar biasa di kalangan pendidik dan orang tua tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Tanpa adanya pertemuan langsung, berakibat kurangnya ikatan emosional antara guru dan siswa. Demikian pula kendala teknis dalam pembelajaran daring serta beban orang tua dan wali siswa.

Untuk pilar kesehatan, promosi kesehatan dengan cara penerapan protokol kesehatan dengan disiplin ketat harus ditingkatkan. Setiap orang harus menjadi pengawas untuk dirinya sendiri serta keluarga dalam bidang pelayanan kesehatan kuratif. Termasuk siap dalam 3 T (testing, tracing, treatment) untuk memutus penularan Covid-19.

“Sedangkan hal untuk menguatkan pilar ekonomi adalah desa harus berdaya, kokoh secara ekonomi. Para petani kita harus terus memproduksi pangan. Kita tidak perlu malu bahwa secara keseluruhan ekonomi desa dan ekonomi berbasis digital telah banyak membantu”, tambahnya.

Demikian pula pada pilar sosial budaya, silaturahmi harus tetap terjaga tanpa perlu berkumpul. Dan kegiatan kegiatan budaya harus tetap menyesuaikan pada kebiasaan baru. “Namun yang terpenting bagi saya adalah hidup sehat harus menjadi budaya hidup, dan budaya sehat harus menjadi patok budaya baru”, tegas Bupati.

Apel pagi dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf beserta Asisten Sekda, Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih, serta kepala OPD jajaran dan staf Sekretariat Daerah. Pada kesempatan itu Bupati bersama keluarga mengisahkan upaya bertahan dan beradaptasi kebiasaan baru selaku penyintas Covid-19.

Bupati berharap, tahun 2021 menjadi babak baru dalam pembangunan dan adaptasi kebiasaan baru, agar berbagai program dan kegiatan kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan baik.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM