Bappelitbangda Cilacap Umumkan Juara Lomba Krenova 2019

Bappelitbangda Cilacap Umumkan Juara Lomba Krenova 2019

Foto : Smart Trash Bin, kotak sampah pintar yang dilengkapi micro controller Arduino Uno meraih Juara I Lomba Krenova 2019 tingkat Kabupaten Cilacap.

CILACAP – Smart Trash Bin berbasis micro controller Arduino Uno hasil rancangan siswa SMK Fatahillah Cipari menyabet Juara I Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) kategori pelajar, dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke – 24 tingkat Kabupaten Cilacap.

Smart Trash Bin merupakan tempat sampah khusus yang dilengkapi sensor khusus berbasis Arduino board sebagai pendeteksi jarak, motor penggerak buka dan tutup tempat sampah, serta buzzer dan lampu LED sebagai notifikasi bahwa sampah sudah penuh.

Hasil tersebut diumumkan dalam satu acara di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cilacap, Rabu (25/9/2019). Acara dipimpin Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Sumbowo.

Dalam sambutannya, Sumbowo mengatakan Lomba Krenova ini merupakan kegiatan tahun ke – 8 yang diselenggarakan Pemkab Cilacap. Tujuannya sebagai salah satu bentuk aplikasi keilmuan para pelajar SLTA, mahasiswa, dan masyarakat agar berperan nyata dalam kehidupan masyarakat.

“Pelaksanaan Lomba Krenova dimulai sejak bulan November 2018 hingga Juli 2019, dan hari ini dilakukan pengumuman pemenangnya”, ungkapnya.

Lomba ini dibagi dalam dua kategori, yakni pelajar dan umum. Untuk kategori pelajar, telah terjaring 70 invensi dari beberapa sekolah dan 6 terbaik akan mendapatkan penghargaan. Sedangkan kategori umum terjaringh 29 invensi dari beberapa peruruan tinggi, dan 6 terbaik akan mendapat penghargaan.

Dewan Juri terdiri dari empat orang, yakni dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Tri Yuni Atmojo, S.T.,M.Si, dan Arif Sofianto, S.IP.,M,Si. Kemudian Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Jateng, Prof. Dr. Ir. Saratri Wilonoyudho, M.Si, dan Ketua DRD Kabupaten Cilacap Dr. Tumisem, M.Si.

“Hasil Lomba Krenova yang mempunyai kontribusi terhadap pembangunan akan dihilirisasi, sehingga dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat dan Pemkab Cilacap”, tambahnya.

Adapun tema Hakteknas 2019 adalah “Optek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0” dengan sub tema “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Daerah”. Sedangkan Hakteknas sendiri diperingati untuk keberhasilan putra putri Indonesia dalam penguasaan, pemanfaatan, dan pemajuan Iptek.

Adapun hasil lengkap pemenang Lomba Krenova Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Cilacap yakni sebagai berikut : 

Kategori Pelajar :

1. Smart Trash Bin berbasis Micro Controller Arduino Uno hasil rancangan Nurul Indrawati,  Khoerun Nisa, dan Fadil Maulana dari SMK Fatahillah Cipari.

2. Papa Fish Tive, pengawet ikan air tawar dari daun Pala hasil rancangan Firgina Syakura Ramadhani, Nafla Adissa Dyafami, dan Panji Kuncoro Alam dari SMA Negeri 1 Cilacap.

3. Oto Sang Pemutar Waktu hasil rancangan Maoldy Tri Prastya dan Hilmi Turbus Julisman dari SMK Negeri 2 Cilacap.

4. Masker Pereda Sakit Kepala hasil rancangan Silvi Fatika Wulandari dan Mila Febriani dari SMA Negeri 1 Sampang.

5. Tinta Spidol (Tindol) Inovasi Limbah Ampas Batang Aren Berbasis Masyarakat Ramahkarya Miqdam Syaffiq Azzumardy, Azzahra Nabila Syafira, Isma Rosiana Dewi dari MAN 2 Cilacap.

6. Cat Peredam Polusi Udara karya Ana A’enul Jannah dan Natalia Danu Maharani dari SMA Negeri 1 Sampang.

Kategori Mahasiswa dan Umum :

1. Pemanfaatan Bedak (Biskuit Ekstrak Daun Kelor) Cokelat pada Ibu Menyusui Bayi 0 – 6 Bulan hasil karya Anisa Sevi Oktaviani, S.ST.,M.Ph dan Ullys Indraria Prihadi, S.ST dari Akbid Graha Mandiri.

2. Budidaya Ikan Sidat dengan Model Ekosistem hasil inovasi Rudi Sutomo dari Desa Kaliwungu Kecamatan Kedungreja.

3. Wirausaha Sosial Pengelolaan Sampah Organik hasil inovasi Arief Suharyo dari Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

4. Produk Daur Ulang Kain Bekas menjadi Lampu Tidur dan Vas Bunga hasil kreasiRima Nela Safita, Dedi Alfian, dan Anis Fitria dan Bank Sampah Nusantara Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap.

5. Pengembangan Produk Kitosan dari Yutuk Sebagai Pengawet Ikan hasil inovasi Khoeruddin Witriyansyah dan Murniyati Handayani dari Politeknik Negeri Cilacap.

6. Tisu Anti Osteoathritis hasil inovasi Agus Darwanto,B.Sc dan Pertiwi dari SMA Sri Mukti Cilacap.(dn/kominfo)

image_pdfimage_print

Leave a Reply