You are currently viewing Bawa Aspirasi, 893 Perangkat Desa Cilacap Ikuti Silatnas PPDI

Bawa Aspirasi, 893 Perangkat Desa Cilacap Ikuti Silatnas PPDI

CILACAP – Ratusan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Cilacap bertolak menuju Jakarta, Selasa (24/1/2023). Para perwakilan 269 desa se-Kabupaten Cilacap tersebut akan bergabung dengan perangkat desa dari seluruh nusantara untuk menyampaikan aspirasi dalam Silaturahmi Nasional PPDI Jilid III di Ibu Kota.

Sebelum pemberangkatan, rombongan berkumpul di Alun-alun Kecamatan Wanareja. Mereka mendapatkan pengarahan dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap, Taryo, S.Sos., M.Si di Pendopo Kecamatan Wanareja. Hadir pula Kabid Pembinaan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Agus Subagyo, Camat Wanareja, Irwan Arianto, beserta unsur Forkopimcam setempat. Ketua PPDI Kabupaten Cilacap, Iis Kustiono menjelaskan, ada sejumlah aspirasi yang akan disampaikan dalam forum akbar tersebut.

Diantaranya terkait Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) dan revisi sejumlah regulasi. Iis menjelaskan, NIPD penting untuk menguatkan kedudukan perangkat desa sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan, terutama dalam tata kelola administrasi pemerintahan desa. Kemudian masa jabatan tetap mempertahankan maksimal 60 tahun sesuai Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

DSC 2145 scaled
Ketua PPDI Kabupaten Cilacap, Iis Kustiono berharap ada perubahan nasib yang lebih baik bagi perangkat desa.

“Ke Gelora Bung Karno (Silatnas). Mau ketemu Komisi II DPR RI dan menteri-menteri di sana. Tujuannya agar kesejahteraan perangkat desa lebih baik lagi karena tanggung jawabnya sama sebagai abdi negara,” tegas Iis.

Camat Wanareja, Irwan Arianto berpesan agar perangkat desa tetap menjaga kekompakan. Selain menyampaikan aspirasi, mereka juga dihimbau dapat menimba ilmu dari perangkat desa daerah lain. “Silakan komunikasi dan koordinasi dengan daerah lain yang di desanya sudah maju. Jadikan Silatnas ini ajang sharing informasi dan pengalaman agar saat kembali ke Cilacap ada ilmu baru,” pesannya.

Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar diwakili Kepala Badan Kesbangpol Taryo, S.Sos.M.Si turut berpesan agar perangkat desa tetap menjaga kebersamaan, kekompakan, keamanan dan ketertiban. Selain itu PPDI Kabupaten Cilacap merupakan duta daerah. Sehingga harus tetap membawa dan menjaga nama baik Kabupaten Cilacap.

“Jangan sampai terpengaruh dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian saling menjaga teman satu sama lain, jangan sampai terpisah dari kelompok di tengah kumpulan massa. Berangkat selamat, pulang juga harus selamat. Tidak ada persoalan apapun,” kata Taryo.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM