You are currently viewing BBWS Citanduy Terjunkan Alat Berat
Dok. Dinas PSDA Cilacap

BBWS Citanduy Terjunkan Alat Berat

CILACAP – Sejumlah titik tanggul sungai yang jebol di Kecamatan Majenang turut memicu banjir di wilayah tersebut. Tanggul sungai yang jebol berada di wilayah Desa Sindangsar dan Desa Karangreja, Kecamatan Cimanggu.

BBWS Citanduy

Untuk mengatasinya, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy menerjunkan alat berat. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPBD Majenang, Edi Sapto Priyono, dilansir Suara Merdeka mengatakan, alat berat milik BBWS Citanduy sudah sampai ke Majenang Rabu (2/12) sore.

“Hari proses pengerjaan perbaikan akan dimulai,” kata Edi Sapto Priyono, Kamis (3/12).

Kepala UPT Pengairan Majenang, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Cilacap, Achmad Subekti mengatakan, pihak BBWS Citanduy memantau lokasi usai kejadian. Kemudian melakukan koordinasi kebutuhan penanganan tanggul jebol bersama Dinas PSDA Cilacap, Camat Majenang, Kepala Desa Sindangsari, dan pihak terkait.

Kebutuhan penanganan utamanya tanggul Sungai Cilopadang yang jebol di Desa Sindangsari. “Terus langsung ditindaklajuti (BBWS) dengan mengerahkan alat berat,” kata Achmad Subekti, Kamis (3/12).

Ia menyampaikan, pengerahan alat berat mempertimbangkan kebutuhan. “Karena kalau swadaya atau kerja bakti tidak memungkinkan. Panjang (tanggul) yang jebol sekitar 12 meteran,” ujarnya.

Sebelumnya, banjir melanda 5 desa di Kecamatan Majenang pada Selasa (1/12) malam. Banjir dipicu hujan lebat dan lama, berikut sejumlah titik tanggul sungai jebol dan melimpas.

BPBD Cilacap mendata, tanggul jebol terjadi di Sungai Cilopadang dan Cileumeuh. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Heru Kurniawan mengatakan, banjir sempat memaksa sejumlah warga mengungsi karena rumahnya terendam. Mereka mengungsi di sejumlah tempat.

Namun, pada Rabu, air kembali surut. Pengungsi pun kembali ke rumah masing-masing. BPBD memastikan bahwa bencana banjir di Kecamatan Majenang itu tidak menimbulkan korban jiwa. Badan itu masih menghitung dampak kerugian materialnya.(*)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM