You are currently viewing BI Purwokerto Tawarkan  Layanan  QRIS Untuk  Memudahkan  Transaksi  Non  Tunai di CFD Cilacap

BI Purwokerto Tawarkan Layanan QRIS Untuk Memudahkan Transaksi Non Tunai di CFD Cilacap

CILACAP –  Pembayaran  berbasis  QR Code    adalah kode matriks atau barcode dua dimensi,  berasal dari kata “Quick Response  dimana isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat.  Dengan maraknya  pembayaran  berbasis  QR   di masyarakat  saat ini  menjadikan  Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto  untuk  membuat  terobosan  altertantif  baru    agar  lebih memudahkan   para  pedagang  segmen  kecil  hingga besar  dalam ber transaski non tunai   yakni dengan  mengiplementasikan  QRIS. 

Analis Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto, Elya Ramadhani  saat ditemuia  usai  sosialisasi  QRIS di  hadapan ratusan pedagang  CFD selasa (28/01) di jalabumi Setda Cilacap mengatakan,  Bank Indonesia  memiliki tujuan untuk  meningkatkan  ekosistem non tunai di wilayah kerja   BI Purwokerto.  QRIS disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Terutama untuk mempermudah proses pembayaran.

 Layanan ini mengintegrasikan satu QR Code merchant yang dapat dibaca oleh semua kanal pembayaran .  Tahun 2020 awal sudah terintegrasi melalui QRIS,   masyarakat lebih mudah bertransaksi ,  masyarakat yang sudah beralih dari pembayaran tunai ke nontunai dapat memanfaatkan layanan ini.

Menurut  Elya,   layanan QRIS seharusnya memberikan kemudahan dan mengantisipasi munculnya fragmentasi pembayaran.   Sebab  layanan pembayaran di warung    saat ini semakin beragam.  Dampaknya,    semakin banyak kode yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran .   Sekarang ada 30an ,  jika  pengguna  hanya punya aplikasi tertentu,  mereka tidak bisa mengakses layanan lainnya.   Sekarang dengan QRIS 1 saja   bisa berbelanja di warung melalui berbagai macam penyedia layanan. (Arin).

[pvcp_1]

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply