You are currently viewing Bobok Bumbung Kroya Kumpulkan Rp 69,9 Juta untuk Pelunasan PBB
Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman membuka bumbung PBB dalam Festival Bobok Bumbung ke - VI, Senin (24/2).

Bobok Bumbung Kroya Kumpulkan Rp 69,9 Juta untuk Pelunasan PBB

KROYA, Cilacap – Warga Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya, Cilacap, berhasil mengumpulkan Rp 69,9 juta untuk pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Nominal tersebut dikumpulkan oleh 1.033 wajib pajak. Hal itu disampaikan Kepala Desa Pesanggrahan, Kroya, Sarjo, dalam prosesi Bobok Bumbung Kroya ke VI, Senin (24/2).

“Ini merupakan tradisi nenek moyang kami, tapi kita hidupkan lagi tahun 2015. Sejak saat itu kita sepakati PBB tahun 2015 menggunakan bumbung PBB”, kata Sarjo.

Sarjo menjelaskan, partisipasi wajib pajak maupun antusiasme masyararakat dalam menyambut gelaran ini makin meningkat tiap tahun. Hal ini tidak lepas dari upaya Pemerintah Desa yang terus berinovasi agar gelaran ini semakin menarik. Tahun ini misalnya, panitia membuat semacam gapura bambu sebagai tanda dimulainya Festival sejak Jumat (21/2) lalu.

Baca juga : Pemkab Cilacap Raih SAKIP Award 2019

“Gapura yang ada di tiap rumah itu untuk meramaikan, sekaligus menginformasikan bahwa ada gelaran Bobok Bumbung. Kegiatannya juga kami buat berbeda, contohnya ada tugu bambu dan panggung terbuka agar nampak spektakuler”, jelasnya.

Swadaya masyarakat berperan besar dalam kesuksesan penyelenggaraan festival ini. Masih menurut Sarjo, masyarakat telah bergotong royong mempersiapkan festival sejak sebulan lalu. Demikian juga pendanaan, Pemerintah Desa Pesanggrahan mendapatkan bantuan stimulan serta sponsorship dalam menyelenggarakan Festival Bobok Bumbung.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman membuka bumbung PBB dalam Bobok Bumbung Kroya.
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman membuka bumbung PBB dalam Bobok Bumbung Kroya.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin Santosa, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap Heroe Harjanto, Camat Kroya Luhur Satrio Muchsin beserta Forkopimcam dan jajarannya, serta kepala dan perangkat desa se Kecamatan Kroya.

Secara khusus, Wakil Bupati mengapresiasi kegiatan ini terutama atas kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Didalamnya juga ada pelestarian seni dan budaya lokal nilai nilai yang tumbuh dan berkembang di desa setempat, dan semangat gotong royong serta kebersamaan yang merupakan nilai luhur warisan nenek moyang.

“Semoga ini bisa berjalan terus, dan di tingkat kabupaten akan kami evaluasi terus supaya kedepan lebih baik dan menarik wisatawan dari luar”, kata Wabup.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply