BPBD Cilacap Salurkan 622 Tangki Air Bersih

BPBD Cilacap Salurkan 622 Tangki Air Bersih

CILACAP – Hingga Minggu (29/9/2019) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap telah menyalurkan bantuan 622 tangki air bersih. Bantuan tersebut disalurkan untuk 26 ribuan kepala keluarga yang tersebar di 78 desa di 19 kecamatan.

Bantuan tersebut berasal dari APBD Kabupaten Cilacap Tahun 2019, bantuan OPD, dan CSR perusahaan. Dibandingkan tahun 2018, tahun ini jumlah desa yang mengalami krisis air bersih jauh lebih banyak. Hal ini disebabkan karena musim kemarau datang lebih cepat

“Pada tahun 2018 tercatat ada 48 desa di 17 kecamatan yang mengalami kekeringan, sedangkan tahun ini jumlahnya 78 desa di 19 kecamatan”, kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara.

Bantuan air bersih terbanyak disalurkan untuk Desa Binangun Kecamatan Bantarsari dan Desa Bojong Kecamatan Kawunganten, masing masing 35 tangki. Disusul kemudian Desa Babakan Kecamatan Kawunganten sebanyak 29 tangki.

Sementara itu Analis Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap Rendi Krisnawan menjelaskan, Kabupaten Cilacap dan sekitarnya diprakirakan memasuki pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan pada pertengahan September hingga pertengahan Oktober 2019.

“Awal musim hujan di Cilacap bagian utara dan sebagian Cilacap bagian timur serta Kebumen bagian selatan dan Purworejo bagian selatan diprakirakan akan berlangsung pada dasarian pertama November”, jelasnya.(*/Ant)

image_pdfimage_print

Leave a Reply

Close Menu