BPBD Cilacap Sosialisasikan Mitigasi Bencana di Kecamatan Kesugihan

BPBD Cilacap Sosialisasikan Mitigasi Bencana di Kecamatan Kesugihan

CILACAP – Wujudkan masyarakat tanggap terhadap bencana alam yang terjadi di wilayahnya, BPBD Cilacap melakukan sosialisasi dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam di tahun 2021. Kegiatan digelar di Pendopo Kecamatan Kesugihan, Kamis (18/2/2021).

Kegiatan di hadiri Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho, S.Sos., M.Si., Bamin Komsos Koramil 06/Kesugihan Pelda Ruswadi berserta 2 orang anggota, Kasi Kesiap Siagaan BPBD Cilacap Kelik G, ST., ME.Mg., Kasi Pencegahan BPBD Cilacap Firman Bariyadi, SH, Kasi Penanganan Darurat BPBD Cilacap Teguh AM.Bst., Kasubag TU UPTD BPBD Cilacap Riyadi S.Sos., dan diikuti oleh Perwakilan Kades, Perangkat Desa dan Perwakilan BPD tiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Kesugihan.

Sosialisasi Bencana BPBD Cilacap

Kegiatan dibuka langsung Camat Kesugihan. Dalam sambutannya, Camat Basuki Priyo Nugroho menyampaikan bahwa setiap ada kejadian Bencana alam di wilayah, diharapkan pemerintah desa dan masyarakat bisa lapor dengan cepat, termasuk juga kepada UPTD BPBD Kecamatan maupun BPBD Kabupaten agar HP selalu on call. Dengan kegiatan sosialisasi ini, dia berharap nantinya masyarakat menjadi tangguh dalam menghadapi bencana alam.

“Wilayah Kecamatan Kesugihan memiliki potensi bencana alam seperti Gempa Bumi, Tsunami, angin puting beliung maupun banjir, dengan kegiatan ini tujuannya agar masyarakat siap menghadapi berbagai potensi bencana, tanggap serta tangguh dalam menghadapinya,” ujarnya.

Camat juga berharap untuk setiap desa agar mempunyai kader-kader tanggap bencana sehingga akan menginformasikan kembali kepada masyarakat di lingkungannya. Dengan tanggap bencana diharapkan pada saat terjadi bencana apapaun, masyarakat akan dengan cepat mengevakuasi secara mandiri sehingga mengurangi resiko korban diharapkan dapat meminimalisir kerugian yang diakibatkannya,” jelasnya.(dn/kominfo)

Sumber : Pendim 0703/Cilacap

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM