Buka Forum Rancangan Awal RKPD, Ini Harapan Sekda Kabupaten Cilacap
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma'ruf, S.T.,M.M (tengah) membuka Forum Perangkat Daerah Rancangan Awal RKPD Sekda Cilacap, Kamis (30/1)

Buka Forum Rancangan Awal RKPD, Ini Harapan Sekda Kabupaten Cilacap

CILACAP – Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf membuka Forum Perangkat Daerah di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap, Kamis (30/1). Kegiatan ini bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan pada 10 bagian Sekretariat Daerah, dengan program kerja perangkat daerah.

Acara yang digelar di ruang Jalabumi Setda Cilacap ini dihadiri para kepala bagian dan perwakilan OPD di jajaran Pemkab Cilacap. Turut mendampingi Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dian Setyabudi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariyadi, serta para Staf Ahli Bupati.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Cilacap Wasi Ariyadi menjelaskan, penyusunan rancangan awal Renja Sekda Cilacap telah melalui beberapa tahapan baik forum konsultasi publik maupun Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. “Adapun agenda hari ini adalah penyempurnaan rancangan awal RKPD Pemkab Cilacap yang disusun Bappeda menjadi bahan Musrenbang Kabupaten berupa rancangan RKPD Kabupaten 2021”, terangnya.

Dalam hal ini, lanjut Wasi, pihaknya berpedoman pada rancangan awal RKPD yang telah diserahkan kepada Bappeda, dan diselaraskan dengan usulan yang berkembang pada Musrenbang tingkat kecamatan, pokok pokok pikiran DPRD, serta program kegiatan OPD jajaran, serta penajaman indikator capaian kinerja yang telah ditetapkan. Di Setda ada 5 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang merupakan indikator kinerja kepala daerah dan 31 Indikator Kinerja Kunci untuk 10 bagian Setda.

“Ada indikator yang sudah kita lampaui untuk 2021, misalnya IKU Reformasi Birokrasi kita targetkan B dengan nilai 70. Tapi pada 2019 kita mencapai BB. Ini harus ditajamkan lagi di 2021”, tegasnya.

Dalam sambutannya, Sekda menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar untuk menghimpun masukan bagi penajaman dan penyempurnaan substasi rancangan Rencana Kerja (Renja) Sekretaris Daerah. “Ini merupakan forum yang sangat penting untuk mencanangkan kegiatan kegiatan di tahun 2021 yang ada di 10 bagian. Sehingga sesuai dengan renja OPD yang sudah disepakati bersama”, kata Sekda.

Oleh karena itu Sekda meminta para kepala bagian dan Kasubbag untuk mencermati kembali usulan yang disampaikan sesuai kebutuhan. Selain itu diharapkan usulan usulan tersebut dapat menjawab persoalan dan isu isu strategis pembangunan yang ada di Kabupaten Cilacap. “Jangan sampai nanti di 2021 mengusulkan kegiatan yang tidak ada di Renja”, pungkasnya.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply