You are currently viewing Buka TMMD Sengkuyung di Desa Kalikudi Adipala, PJ. Bupati dan Forkopimda Bagikan Cokelat

Buka TMMD Sengkuyung di Desa Kalikudi Adipala, PJ. Bupati dan Forkopimda Bagikan Cokelat

CILACAP – Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri bersama Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Yuliazi dan Forkopimda membagikan coklat kepada siswa sekolah dasar dalam pembukaan TMMD sengkuyung tahap 1 tahun 2024 di Desa Kalikudi kecamatan Adipala, Selasa (20/2/2024). Hal ini tentu saja disambut antusias oleh siswa yang telah menantikan kedatangan Forkopimda sejak pagi.

Pembagian coklat ini menjadi selingan unik yang mempererat hubungan antara pemerintah, TNI, dan masyarakat, khususnya di Desa Kalikudi yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap dengan Kodim 0703/Cilacap.

Secara simbolis TMMD Sengkuyung di Desa Kalikudi Kecamatan Adipala dibuka dengan upacara yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Cilacap, di lapangan desa setempat. TMMD akan berlangsung selama 30 hari, mulai dari tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Sasaran kegiatan fisik adalah pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di Desa Kalikudi. Adapun kegiatan fisik yang dilakukan meliputi pembangunan rabat beton, talud, dan gorong-gorong plat. Sedangkan kegiatan non fisik meliputi pembinaan usaha masyarakat, peningkatan produktivitas ekonomi perempuan, pembuatan KIA, akta kelahiran akta kematian dan pelayanan KB gratis, layanan perpustakaan keliling, pelatihan kewirausahaan, dan lain-lain.

DSC 3349 1 scaled

Dalam sambutannya, Awaluddin mengapresiasi pelaksanaan TMMD oleh jajaran Kodim 0703/Cilacap. Menurut dia, keberhasilan pembangunan membutuhkan peran semua pihak, termasuk unsur TNI. Pihaknya juga mendorong masyarakat untuk ikut aktif dalam kegiatan ini. Selain melestarikan semangat gotong royong, nantinya hasil kegiatan TMMD dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Awaluddin juga menekankan agar momentum TMMD dimanfaatkan sebagai sarana mempererat kembali rasa persatuan, kebersamaan dan semangat gotong royong membangun daerah yang telah memberi kita kehidupan juga untuk anak cucu di masa yang akan datang.

Usai upacara, Pj. Bupati bersama undangan lain meninjau lokasi pelaksanaan TMMD dan bazaar UKM setempat. Mereka menyaksikan langsung proses pembangunan yang dilakukan oleh anggota TNI bersama masyarakat. Mereka juga berdialog dengan para pelaku usaha mikro yang menampilkan produk-produk unggulan mereka.

Kegiatan TMMD sengkuyung tahap 1 tahun 2024 di Desa Kalikudi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan yang merata dan menurunkan angka kemiskinan di daerah. Hal ini sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 100.3.3.7/0140/BPD tanggal 4 Januari 2024 tentang Peningkatan Program TNI Manunggal Membangun Desa.(dn/Kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM