You are currently viewing Bulan Imunisasi Anak Nasional, Cilacap Targetkan Imunisasi 105 Ribu Anak
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memberikan imunisasi polio tetes kepada salah satu balita yang hadir.

Bulan Imunisasi Anak Nasional, Cilacap Targetkan Imunisasi 105 Ribu Anak

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kabupaten Cilacap sekaligus membuka Bakti Kesehatan Vaksinasi Presisi Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022, Jumat (17/6/2022) di Patra Graha Convention Hall, Cilacap.

BIAN adalah upaya Kementerian Kesehatan menutup kesejangan imunitas kesehatan di masyarakat dampak dari pandemi COVID-19 dan wajib dilaksanakan di seluruh Indonesia. Kepala Dinas Kesehatan dr. Pramesti Griana Dewi mengatakan, dikarenakan Covid-19, capaian rutin imunisasi di Indonesia khususnya Cilacap menurun.

IMG 5272

“Pada tahun 2020 dan 2021 capaian vaksinasi rutin di Cilacap menurun karena Covid. Maka dari itu, mulai hari ini, kita mengejar melalui BIAN. Kita kejar imunisasi mulai hari ini sampai nanti bulan Agustus,” terang dr. Pramesti.

Targetnya 105.118 balita mendapat imunisasi Measles (campak) dan Rubela, serta untuk balita yang melewatkan imunisasi pokok, bisa dikejar melalui BIAN ini. Dari jumlah tersebut, dr. Pramesti menginginkan setidaknya 95% target tercapai.

“Untuk campak dan rubela sasaran sesuai dengan rekomendasi usia 9 sampai dengan 59 bulan, dan imunisasi wajib seperti polio, DPT, HB dan HIB yang ketinggalan diberikan kepada anak usia 12 s.d 59 bulan. Harapannya bisa mencapai 95% atau bahkan 100% dari target balita yang akan diimunisasi,” tambah dr. Pramesti.

IMG 5287

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji sangat mendukung upaya meningkatkan cakupan imunisasi melalui BIAN. Menurutnya, ini dalam rangka mempersiapkan anak-anak agar kita memiliki generasi yang sehat.

“Ini dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan yang sehat, yang kelak akan menjadi pemimpin dan pelayan masyarakat Indonesia. Anak sehat, Indonesia sehat,” ujar Bupati saat mencanangkan BIAN.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi yang digelar oleh Polres Cilacap dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-76 bertujuan untuk membantu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi di Cilacap.

“Vaksinasi ini adalah rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara Ke-76, dan serentak di seluruh Indonesia melakukan percepatan vaksin termasuk di Cilacap, karena dosis 3 baru 25%,” terang Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro seusai acara pembukaan.

AKBP Eko juga berpesan kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin baik 1, 2 atau 3 untuk segera pergi ke pelayanan kesehatan agar mendapatkan vaksin. “Ada varian baru, BA. 4 yang penyebarannya cepat, maka dari itu masyarakat yang belum vaksin segera pergi ke rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan vaksin agar bisa terlindungi dari Covid varian tersebut,” ajaknya.

Dalam acara Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Cilacap dan Bakti Kesehatan Vaksinasi Presisi Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022, dilakukan juga imunisasi polio tetes secara simbolis oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Forkopimda, Wakil Ketua TP PKK, GM Pertamina dan Kepala Dinas Kesehatan Cilacap sebagai tanda dicanangkannya BIAN di Kabupaten Cilacap. (mia/kominfo)