You are currently viewing Bupati Cilacap Ikuti Pidato Kenegaraan HUT RI Ke-76
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat mengikuti Pidato Kenegaraan HUT RI Ke-76 yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo di Ruang DPRD Kabupaten Cilacap, Senin (16/8/2021). (dok.nen/kominfo)

Bupati Cilacap Ikuti Pidato Kenegaraan HUT RI Ke-76

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengikuti Pidato Kenegaraan secara virtual dalam rangka HUT Ke-76 RI pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Cilacap secara virtual, Senin (16/8/2021).

Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Wakil Ketua DPRD Sindy Syakir, Saiful Musta’in, Purwati, para Asisten Sekda dan anggota DPRD Kabupaten Cilacap.

Pidato Kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo membahas tentang kondisi Indonesia di tengah pandemi dan upaya-upaya pemerintah dalam membangkitkan kembali perekonomian Indonesia.

“Pandemi itu seperti kawah candradimuka yang menguji, yang mengajarkan, dan sekaligus mengasah. Pandemi memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya. Semua pilar kehidupan kita diuji, semua pilar kekuatan kita diasah,” kata Presiden RI dalam pidatonya.

Upaya pembangunan infrastruktur, Presiden menambahkan, terus dilanjutkan untuk menyatukan bangsa sekaligus mempermudah akses perekonomian. Pihaknya mengakui jika pandemi telah menghambat pertumbuhan ekonomi tapi pemerintah tetap fokus pada perekonomian masyarakat dan investasi.

“Realisasi investasi sekitar Rp 442 triliun dimana 51 persen ada di Pulau Jawa yang telah menyerap 600 ribuan tenaga kerja. Kolaborasi dalam dunia usaha akan membangun usaha yang berbasis teknologi. Mari kita saling menjaga dan saling membantu,” jelas Presiden Jokowi.

Seusai acara, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berpesan kepada masyarakat untuk terus mengisi kemerdekaan dengan membangun daerah. “Daerah yang merdeka adalah yang bisa meminimalisir orang miskin. Bagaimana agar mereka dapat bekerja dan bangkit ekonominya,” ujar Bupati.

Sedangkan Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat menyatakan, segenap masyarakat harus menggelorakan semangat persatuan dalam menghadapi pandemi. “Target tahun ini covid berakhir, ekonomi bisa dikembalikan, Kesehatan pulih, Pendidikan normal dan Cilacap menjadi Kabupaten yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur.” Pungkasnya. 

Reporter : Mia/Kominfo

Editor : Dony/Kominfo