You are currently viewing Bupati Hadiri Verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya 2020
Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji mengikuti kegiatan verifikasi penghargaan APE Tahun 2020.

Bupati Hadiri Verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya 2020

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengikuti verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Senin (22/3/2021).

Acara yang digelar secara virtual ini juga diikuti Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Purwati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Dian Setyabudi, Kepala Dinas KBPPPA Cilacap, Murniyah, Kepala Dinas P dan K Cilacap, Budi Santosa, Kepala DLH Cilacap Awaludin Muri, Kepala Bappeda Cilacap Sumbowo, serta sejumlah perwakilan OPD terkait.

Verifikasi lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan data lebih dalam, serta informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga verifikator mendapatkan data yang lengkap dan komperhensif sebagai dasar pertimbangan  menominasikan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya menjelaskan, penghargaan APE bukanlah tujuan akhir. Lebih dari itu, Pemkab Cilacap terus berupaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera secara merata, sesuai dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa yang tertuang dalam RPJMD 2017 – 2022.

“Jadi tujuan akhirnya adalah bagaimana kita meningkatkan sumberdaya manusia khususnya gender”, kata Bupati Cilacap.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cilacap, Sumbowo selaku Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) memaparkan, Pemkab Cilacap memiliki komitmen tinggi terhadap pengarusutamaan gender.

Hal ini dibuktikan dengan hasil Produk hukum PUG di Kabupaten Cilacap berupa 16 Perda, 18 Peraturan Bupati dan 5 Keputusan Bupati. Sumbowo juga menyebutkan 9 kerangka Kebijakan pemkab sebagai perwujudan kesetaraan dan keadilan gender di berbagai bidang.

Yakni program peningkatan kualitas hidup dan perlindungan perempuan, peningkatan kualitas keluarga, pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, Program sistem data gender anak, dan pengendalian penduduk.

Kemudian penyiapan tenaga pendamping kelompok bina keluarga, pengembangan pusat pelayanan informasi dan konseling KRR, pendidikan non formal, serta pelayanan kesehatan penduduk miskin. Sebagai informasi, pada 2018 lalu Kabupaten Cilacap berhasil mendapatkan Anugerah APE Kategori Madya.

“Selain itu, pemkab juga memiliki inovasi yang dilakukan oleh OPD dan bekerjasama dengan swasta, Kampung KB Gadis, Rindu Keluarga, Bank sampah mandiri dan dengan pertamina kami melakukan pelatihan kepada ibu-ibu dan dengan Gender Champion kami melakukan kegiatan LKP Bu Nandang untuk melatih ketrampilan kepada perempuan dan disabilitas.” tambah Sumbowo.

Acara verifikasi ini dibuka oleh Perwakilan KPPPA Dina Juwita dan juga dihadiri oleh Inspektur KPPPA Fakih Usman, S.Sos, M.E., selaku verifikator independent adalah Dr. Ir. Sulikanti Agusni, M.Sc., dan ditutup oleh Susanti selaku Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya Deputi Kesetaraan Gender KPPPA.(mia/dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM