You are currently viewing Bupati Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2021
Bupati Tatto S. Pamuji ikuti pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi, Rabu (25/8/2021).

Bupati Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2021

CILACAP – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021 oleh Presiden Joko Widodo secara virtual Rabu (25/08/2021) di Ruang Prasanda Pendopo Wijaya Kusuma Cakti, Cilacap.

Dalam paparannya, Presiden menyampaikan peningkatan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua mencapai 7,07% dengan tingkat inflasi 1,52% dari target sebesar 3%. “Kita harus tetap waspada. Karena inflasi yang rendah juga bisa mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden menekankan beberapa hal kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Pertama, menjaga stabilitas harga dan stok kebutuhan pokok. Kedua, TPID harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang semakin produktif. Misalnya dengan membantu meningkatkan produktivitas petani dan nelayan, memperkuat sektor UMKM untuk terus bertahan dan terus meningkat.

Selanjutnya meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian. Karena potensi pasar pertanian masih sangat besar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Akses pemasaran harus diperluas, kemitraan dengan industri, akses pembiayaan juga harus dipermudah disederhanakan.

Dalam hal pembiayaan, pemerintah juga sudah mempermudah dengan adanya KUR khusus untuk pertanian sebesar 70 trilyun rupiah. Dengan demikian Presiden berharap perekonomian Indonesia semakin baik, daya beli masyarakat semakin meningkat, dan pertumbuhan sektor pertanian pun dapat terus meningkat.(nenden)

 

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM