You are currently viewing Bupati Klaim PPKM di Cilacap Efektif
Dari kanan : Bupati Cilacap Tato S. Pamuji, Kasatpol PP Cilacap Yuliaman Sutrisno, dan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi tengah memberikan pengarahan kepada seorang pelanggar Operasi Yustisi yang dilaksanakan di Jalan Rinjani Cilacap, Selasa (2/2/2021).

Bupati Klaim PPKM di Cilacap Efektif

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengklaim penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayahnya berjalan efektif. Hal ini terbukti dengan tidak adanya penambahan konfirmasi positif pada hari Senin (1/2/2021).

PPKM Efektif

“Di Cilacap PPKM efektif, buktinya kemarin kita zero (tidak ada penambahan). Kedua, sejak ada PPKM ini kenaikannya tidak signifikan”, kata Bupati saat meninjau pelaksanaan Operasi Yustisi di Jalan Rinjani Cilacap, Selasa (2/2/2021).

Dijelaskan, Operasi Yustisi dilakukan untuk menegakkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2020 Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Cilacap. Tujuannya agar pelaksanaan PPKM lebih efektif. Supaya lebih optimal, Operasi Yustisi akan dilaksanakan hingga lingkup terkecil tingkat kecamatan.

“Ini akan dilakukan terus menerus. Seluruh kecamatan secara serentak akan menegakkan Perda Nomor 5 Tahun 2020. PPKM harus sukses”, tegas Bupati.

Sebagai gambaran jumlah kasus konfirmasi aktif pada Senin (1/2/2021) sebanyak 1.040. Angka ini berkurang 176 kasus dibanding sehari sebelumnya Minggu (31/1/2021) yang mencapai 1.216 kasus. Di sisi lain, data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap juga melaporkan tidak ada penambahan konfirmasi aktif pada hari itu.

Pemkab Cilacap juga menyambut baik program “Jateng di Rumah Saja” yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Rencananya program ini akan diterapkan pada Sabtu dan Minggu (6 – 7/2/2021). Upaya ini diharapkan dapat mengurangi aktivitas yang menimbulkan kerumunan.

“Perintah Gubernur, weekend supaya di rumah saja. Sebenarnya bukan karena sanksinya kurang berat, tetapi bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar disiplin”, tambahnya.

Operasi Yustisi hari ini menjaring pengendara yang kedapatan tidak bermasker. Beberapa diantaranya bahkan harus menjalani hukuman fisik seperti push up, dan dikenai sanksi tindak pidana ringan. Bupati hadir didampingi Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, dan Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto.

Hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Tri Ari Mulyanto, Kabag Ops Polres Cilacap AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsy, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap Drs. Yuliaman Sutrisno, dan Wakil Ketua DPRD Cilacap Syaiful Musta’in.

Kepala Satpol PP Cilacap Yuliaman menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan bukan untuk menakut nakuti masyarakat. Tetapi membangun kesadaran mengenai pentingnya pencegahan penularan Covid-19.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM