You are currently viewing Bupati Pimpin Upacara Peringatan HUT ke – 76 Kemerdekaan RI
Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji menjadi Irup dalam Upacara Perin gatan HUT ke - 76 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Cilacap, Selasa (17/8/2021).

Bupati Pimpin Upacara Peringatan HUT ke – 76 Kemerdekaan RI

CILACAP – Puncak peringatan HUT ke – 76 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Cilacap ditandai Upacara Bendera di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Selasa (17/8/2021). Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Meski menerapkan protokol kesehatan ketat dengan peserta terbatas, upacara berlangsung khidmat diikuti jajaran Forkopimda, seluruh kepala OPD jajaran Pemkab Cilacap, para pejabat di lingkungan Setda Cilacap, serta peserta dari unsur TNI, Polri, dan ASN.

Dalam amanatnya, Bupati membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Diterangkan, peringatan kemerdekaan kali ini masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pada kesempatan ini pemerintah memberikan penghormatan setinggi tingginya kepada para tenaga kesehatan.

“Saat ini di Jawa Tengah, lima ribu empat ratus anak-anak telah kehilangan orang tuanya. Tidak ada lagi yang bisa dipanggil Bapak, tidak ada lagi yang mereka panggil ibu. Tidak ada yang ngasih uang jajan, apalagi ngajak liburan”, kata Bupati membacakan sambutan Gubernur.

Proklamasi kemerdekaan, menurut Gubernur bukanlah ujung perjuangan. Saat ini, pertempuran dalam medan dan cara yang berbeda juga masih dialami masyarakat. Oleh karena itu dengan semangat gotong royong, Gubernur mengajak masyarakat untuk bahu membahu menyiapkan segala hal. Mulai dari riset pengetahuan, meningkatkan kualitas laboratorium, membuat obat obatan, reagen, vaksin, dan alat kesehatan secara mandiri dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Ditemui usai upacara, Bupati kembali mengajak segenap masyarakat untuk memaknai semangat kemerdekaan. Sesuai dengan tema ‘Indonesia Tangguh, Indonesai Tumbuh’, Bupati mengajak segenap masyarakat Cilacap untuk meneruskan cita-cita perjuangan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan.

“Harapan untuk Kabupaten Cilacap kedepan yaitu berkembang, Cilacap to be Singapore of Jawa. Untuk mengisi kemerdekaan ini bagaimana kita menyiapkan next young generation untuk Indonesia kedepan, tangguh, dan tumbuh”, tegas Bupati.

Di Kabupaten Cilacap, puncak rangkaian peringatan HUT ke – 76 Republik Indonesia dimulai sejak Senin (16/8/2021). Diawali dengan pengukuhan Paskibraka, dan dilanjutkan Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden. Malam harinya, digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Sureng Rono Jeruklegi.

Pada peringatan HUT Proklamasi, secara simbolis Bupati menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada sejumlah ASN. Selanjutnya bersama Forkopimda, Bupati mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di Istana Negara secara virtual dari Ruang Prasanda Rumah Dinas Bupati. Kegiatan ini juga digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan peserta terbatas.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM