You are currently viewing Bupati Resmikan Aplikasi Satkartaru SIAP untuk Bantuan Pemadam Kebakaran

Bupati Resmikan Aplikasi Satkartaru SIAP untuk Bantuan Pemadam Kebakaran

CILACAP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melalui UPT Pemadam Kebakaran Cilacap meluncurkan aplikasi Satuan Pemadam Kebakaran Terpadu (Satkartaru) SIAP di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Jumat (20/05/2022). Peluncuran dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji.

Turut hadir Kepala Satpol PP Cilacap Luhur Satrio Muchsin, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap Supriyadi, para Pejabat di Lingkungan Kabupaten Cilacap, para Pimpinan BUMD dan BUMN serta tamu undangan lainnya.

Aplikasi Satkartaru SIAP diluncurkan dalam rangka transformasi menuju Satpol PP yang lebih responsif untuk mengurangi kebakaran di Kabupaten Cilacap. Satkartaru SIAP akan menerima informasi aduan dari masyarakat kemudian akan diteruskan oleh operator ke Pos Damkar terdekat dari lokasi kejadian.

Sehingga Pos Damkar terdekat akan mengirimkan tim pemadam ke titik lokasi kejadian kebakaran secara cepat. Aplikasi ini dapat di unduh di Play Store yang tersedia di ponsel Android. “Satpol PP Cilacap telah melakukan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan waktu tanggap atau respon time khususnya dalam kasus kebakaran dan penyelamatan.

“Satpol PP Cilacap juga melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan dan pembentukan barisan sukarelawan pemadam kebakaran. Tercatat sampai tahun 2021 keanggotaannya mencapai 118 orang yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap”, jelas Luhur.

Ia berharap nantinya masyarakat bisa mengunduh aplikasi ini secara serentak karena akan membantu penanganan kebakaran secara cepat serta mengurangi korban jia maupun harta benda. Acara ditutup dengan menekan tombol pemadam kebakaran secara serentak oleh Bupati, Kepala Satpol PP, dan para pejabat lainnya tanda Aplikasi Satkartaru Siap telah resmi diluncurkan.

Reporter : Pingky

Editor : Dony

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM