You are currently viewing Bupati Terima Audiensi Warga Dusun Kewasen Terkait PLTU Karangkandri

Bupati Terima Audiensi Warga Dusun Kewasen Terkait PLTU Karangkandri

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap pertumbuhan industri di Kabupaten Cilacap dapat menyejahterakan masyarakat, bukan sebaliknya. Hal itu disampaikan Bupati saat menerima audiensi warga Dusun Kewasen Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan, Kamis (19/9/2019).

Audiensi yang berlangsung di Ruang Prasanda Rumah Dinas Bupati tersebut berupaya memecahkan persoalan lingkungan, sosial, dan ekonomi yang disampaikan masyarakat terkait keberadaan PLTU Karangkandri. Selama acara, Bupati didampingi Kapolres Cilacap AKBP Joko Julianto.

Hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesra Dian Setyabudi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariyadi, beserta sejumlah Kepala OPD terkait. Kepada perwakilan warga, Bupati menyatakan siap memediasi masyarakat dengan PT. Sumber Segara Primadaya (S2P) selaku pelaksana operasional PLTU Karangkandri.

“Yang jelas kami siap membatu warga. Apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka keluhkan nanti disampaikan ke PT. S2P. Jangan sampai pertumbuhan industri justru menyengsarakan masyarakat”, tegas Bupati.

Adapun persoalan yang disampaikan warga antara lain terkait debu yang berdampak terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan. Warga juga meminta adanya bantuan air bersih karena sejak beroperasinya PLTU banyak sumur warga yang mengering dan terkena intrusi laut.

Sedangkan terkait pemerataan ekonomi, warga berharap adanya kesempatan kerja yang diprioritaskan untuk penduuduk lokal. Juru bicara warga Dusun Kewasen, Imam Martiman menjelaskan, audiensi digelar karena berbagai pendekatan yang dilakukan sejauh ini belum membuahkan hasil.

“Kita sebetulnya menunggu tindak lanjut Pemkab Cilacap terkait persoalan lingkungan, terutama debu. Kita juga berharap ada SK Bupati terkait pembentukan Tim Penanggulangan”, terangnya.

Sementara itu Kapolres Cilacap AKBP Joko Julianto mengimbau masyarakat mengedepankan musyawarah dalam penyelesaian persoalan ini. Jangan sampai perjuangan masyarakat ditumpangi kepentingan oknum tidak bertanggung jawab, sehingga menimbulkan gangguan kamtibmas.(dn/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji menerima audiensi warga Dusun Kewasen, Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan, Cilacap. Audiensi terkait keluhan warga terhadap dampak operasional PLTU Karangkandri terhadap lingkungan, kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Leave a Reply