You are currently viewing Capaian Vaksinasi Covid-19 di Cilacap Tertinggi Ketiga Nasional

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Cilacap Tertinggi Ketiga Nasional

CILACAP – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cilacap untuk tahap pertama tertinggi ketiga di tingkat nasional. Dari 5.854 tenaga kesehatan yang menjadi prioritas utama, cakupan vaksinasi Sinovac telah mencapai 85 %.

Hal ini diketahui berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 28 Januari 2021 pukul 19.00 WIB. Sedangkan 15 % nakes yang belum divaksin disebabkan berbagai hal. Yakni ditunda, atau memang yang bersangkutan tidak memenuhi syarat untuk divaksin.

“Ada yang ditunda, ada yang ekslusi (tidak diberikan). Untuk yang ditunda vaksin bisa diberikan kalau hasil screening sudah memenuhi syarat”, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, Jumat (29/1/2021).

Berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI), khusus untuk vaksin Sinovac apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima sedang demam, vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19 dan dilakukan screening ulang.

Demikian pula apabila berdasarkan pengukuran tekanan darah didapatkan hasil diatas 140/90 maka vaksinasi tidak diberikan. Termasuk bagi yang pernah terkonfirmasi Covid-19, sedang hamil dan menyusui, serta memiliki komorbid lainnya.

Vaksinasi tahap pertama diberikan sebanyak 2 dosis (0,5 ml/dosis). Setelah dosis pertama diberikan pada 25 sampai 28 Januari 2021, dosis kedua akan diberikan berjarak 14 hari setelah vaksinasi pertama, yakni 8 sampai 11 Februari 2021.

“Setelah selesai itu (nakes) baru akan ada distribusi vaksin lagi untuk tahap kedua, yakni kelompok Pelayan Publik”, tambahnya.

Kelompok Pelayan Publik yang akan divaksin sebanyak 42.106 orang. Kemudian tahap tiga masyarakat rentan berdasarkan risiko paparan dan usianya sebanyak 598.668 orang, tahap empat masyarakat umum sebanyak 262.664 orang, dan tahap lima masyarakat rentan lainnya sebanyak 216.838 orang.

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cilacap

Sehingga total keseluruhan masyarakat penerima vaksin di Kabupaten Cilacap sebanyak 1.146.132 orang. Di atas Kabupaten Cilacap, Kota Pekalongan menduduki peringkat pertama capaian vaksinasi tahap pertama dengan cakupan 92 %. Dibawahnya Kota Magelang menduduki peringkat kedua dengan cakupan vaksinasi mencapai 90 %.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM