Car Free Day Cilacap Sedot Animo Masyarakat Capai 7 Ribu  Pengunjung

Car Free Day Cilacap Sedot Animo Masyarakat Capai 7 Ribu Pengunjung

CILACAP – Kegiatan Car Free Day- CFD yang  berlokasi di pusat kota Alun-Alun Cilacap semakin diminati masyarakat.CFD yang telah berlangsung  sekitar  7 pekan sejak  di lauching  Bupati Cilacap pada 15 Desember 2019 lalu  semakin ramai, bahkan  CFD saat ini sudah  menjadi ruang publik yang menyedot  animo masyarakat  Kabupaten Cilacap.  Namun meski sudah ramai   pengunjung  kegiatan  CFD juga masih harus dilakukan sejumlah pembenahan, agar kegiatan CFD dapat lebih tertib, nyaman , dan terdigitalisasi.

Hal  itu diungkapkan Kepala Dinas Pemuda Olah Raga  dan Pariwisata  Kabupaten  Cilacap, Drs.Heru Harjanto  saat memimpin rapat evaluasi Pelaksanaan  Car Free Day di Gedung Jala Bumi Setda Cilacap  selasa (28/01)

Lebih lanjut  Heru menjelaskan, bahwa  kegiatan CFD yang digelar tiap minggu pagi  rata-rata  7 ribu pengunjung yang  datang, diikuti sekitar40 pedagang  non kuliner dan 201 pedagang  kuliner. Dari kegiatan  tersebut  telah mampu  menambah  penghasilan para pedagang, untuk minuman dan sejenisnyamencapai  300 hingga 400 ribu rupiah, makanan sate dan sejenisnya   400 hingga 500 ribu rupiah. Makanan  olahan  ayam mencapai 700 ribu hingga  satu juta rupiah serta   700  ribu hingga 900 ribu rupiah  untuk makanan kudapan.

Heru mengakui untuk  transaksi  jual beli para pedagang cukup tinggi di CFD, namun di sisilain masih harus   dilakukan  pembenahan padasejumlah sektor . Yakni Perparkiran, kebersihan,  serta ketertiban dan keamanan.”Untuk para pedagang diharapkan dapat tertib dan rapih dalam menggelar daganganya, jangan berebut,tunjukan pelayanan yang baik dan makanan yang dijual harus higienis.”katanya.

Terkait masalah perpakiran terlihat kurang tertib, terutama di skitar jalan depan Sekolah Bias sebelah barat alun-alun terlihat semrawut. Selain itu masalah kebersihan sampah juga masih belum tertangani dengan baik, diharapkan dinas terkait segera untuk menindaklanjuti.

Heru menambahkan, masalah kemananan dan ketertiban di lokasi CFD juga harus dibenahi, menyusul adanya para pengamen yang berkeliaran di lokasi CFD membuat pemandangan yang kurang nyaman. “Bagi pelaku seni silahkan untuk menampilkan kreasi seni dan musik tapi di satu titik saja, tidak harus keliling sepanjang lokasi CFD.”tambahnya.

Rapat   Evaluasi Pelaksanaan Car Fre Day  dihadiri  sebanyak 11 OPD  dan 241 pedagang. Pada kesempata tersebut juga sekaligus dilakukan   sosialisasi  QRS  atau transaksi non tunai  oleh Bank  Indonesia. (arin).

Jumlah Pengunjung : 309
image_pdfimage_print

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply