Antisipasi Penularan Covid-19, UPT Damkar Cilacap Lakukan Penyemprotan Desinfektan
Petugas UPT Damkar Satpol PP Cilacap melakukan penyemprotan desinfektan di Pasar Pelem Gading Limbangan, Cilacap, Minggu (22/3).

Antisipasi Penularan Covid-19, UPT Damkar Cilacap Lakukan Penyemprotan Desinfektan

CILACAP – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk pencegahan dan menekan persebaran virus Corona (n-Covid-19). Salah satunya melalui penyemprotan desinfektan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (22/3) pukul 15.00 WIB di Pasar Pelem Gading Limbangan, Kelurahan Mertasinga. Penyemprotan desinfektan dilakukan pada sejumlah lapak pedagang di pasar tradisional tersebut.

Baca juga : Dihari Jadi Cilacap, Bupati Ajak Masyarakat Berdoa Dari Rumah

Kepala Satpol PP Cilacap Yuliaman Sutrisno melalui Kepala UPT Damkar, Supriyadi menjelaskan, tidak hanya penyemprotan desinfektan, kegiatan juga dirangkai cuci tangan bersama. “Adapun lokasi pasar berikutnya msh dikomunikasikan dengan pihak pasar. Rencana yang belum adalah Saliwangi, Tanjung, PPC, dan Wagean”, kata Supriyadi.

Supriyadi menambahkan, di hari yang sama pihaknya juga melayani permintaan Gerakan Cuci Tangan dengan sumber air dari Armada Damkar wilayah Majenang. Juga permintaan penyemprotan desinfektan tingkat Forkopimcam Karangpucung, sekitar pukul 08.00 WIB sampai selesai.

penyemprotan desinfektan cilacap
Petugas UPT Damkar Majenang juga selenggarakan sosialisasi Gerakan Cuci Tangan pakai sabun.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa sosialisasi cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri pada saat sebelum masuk dan keluar dari Pasar. Penyemprotan desinfektan dilakukan pada tempat dan lapak dagang dalam lingkungan pasar, dan selama pelaksanaannya berkoordinasi dengan Camat Karangpucung.

Disebutkan, kegiatan ini merupakan upaya edukasi kepada masyarakat terkait penanganan dan pencegahan infeksi n-Covid-19. Meski demikian, hal ini dipastikan tidak menyebabkan terhentinya aktivitas pasar sampai ada petunjuk lebih lanjut dari Sekda, selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cilacap, hingga Minggu (22/3) pukul 10.00 WIB, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Cilacap sebanyak 16 orang.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 72
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply