Cegah Covid-19, Kepala OPD Turun ke Lapangan

Cegah Covid-19, Kepala OPD Turun ke Lapangan

CILACAP – Berbagai langkah responsif diambil oleh Pemkab Cilacap guna menindaklanjuti mandat Bupati Cilacap pada Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Cilacap.

Mulai Selasa(12/5) seluruh Kepala OPD dilibatkan untuk turun ke semua Kecamatan, sesuai dengan tanggungjawab wilayah Kecamatan masing-masing. Seperti halnya yang dilakukan Kepala Diskominfo Cilacap M. Wijaya melakukan kegiatan sosialisasi himbauan pencegahan Covid-19 dalam rapat evaluasi percepatan penanganan pencegahan virus Corona di Kecamatan Sampang – Cilacap, bertempat di pendopo kecamatan Sampang Selasa(12/5).

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, Forkompincam, dan para kepala desa,tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah Kecamatan Sampang.

IMG20200512100637
Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Cilacap – M. Wijaya antara lain menyampaikan tentang hasil Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap.

Antara lain bahwa untuk menangani pandemi Covid-19 memerlukan peran serta dari seluruh pihak. Sesuai mandat dari Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji yang meminta seluruh jajaran gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, OPD dilingkup Pemkab Cilacap maupun hingga Kecamatan untuk bersinergi.

“Seperti kita ketahui berdasarkan penyampaian Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji terkait penanganan Covid-19, membutuhkan sinergitas lintas sektoral. Selain itu juga diperlukan keseriusan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab baik gugas percepatan penanganan Covid-19, OPD, maupun hingga tingkat Kecamatan,” jelas Wijaya.

Sementara itu, Wabup Cilacap – Syamsul Aulia Rahman yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, terdapat tiga langkah jitu yang menurutnya dapat diterapkan oleh masyarakat secara mandiri dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Diantaranya dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, menjaga imunitas atau daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bermanfaat.

Kemudian mematuhi segala aturan, himbauan maupun aturan pemerintah, dan mematuhi larangan dari pemerintah.

“Yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga imunitas tubuh kita. Terlebih untuk kita dan teman – teman yang menjadi garda terdepan dalam menangani Covid-19. Tidak harus membeli vitamin, namun bisa dengan pola hidup yang bersih dan sehat, serta istirahat yang teratur,” kata Wabup.

Dengan menjalankan langkah tersebut, Wabup berharap setiap orang nantinya dapat menjadi ujung tombak dan ikut membantu tim Gusgas Covid-19.

Sebelumnya, Wabub juga hadir di Kecamatan Maos, bersama Asisten Ekbang Setda Cilacap Wasiaryadi memimpin rapat yang sama, sekaligus menyerahkan bantuan masker, sembako dan extra funding bagi tenaga kesehatan di Puskesmas setempat.

Menurut Camat Sampang Khaerudin, untuk mencegah terpaparnya virus Corona di wilayah Sampang, pihak kecamatan telah menyiapkan tiga lokasi tempat karantina bagi para pendatang, diantaranya di SMP Negeri 1 Sampang.

IMG20200512113213
tim Woro – woro keliling dari Diskominfo Cilacap bersama LPPL Bercahaya FM.

Untuk diketahui dihari yang sama sosialisasi maupun himbauan terkait pencegahan Covid-19 juga dilakukan oleh tim Woro – woro keliling dari Diskominfo Cilacap bersama LPPL Bercahaya FM. Dengan menyasar pusat keramaian. Yakni pasar tradisional diwilayah Kecamatan Sampang dan Maos Cilacap.(Arin/Kominfo).

Jumlah Pengunjung : 106
image_pdfimage_print

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM