You are currently viewing Cek Bantuan Antropometri Kit, Ganjar Sambangi Posyandu Puspa Bayu I Cilsel
Gajar Pranowo saat tinjau Posyandu Puspa Bayu I, Jumat (11/8/2023).

Cek Bantuan Antropometri Kit, Ganjar Sambangi Posyandu Puspa Bayu I Cilsel

CILACAP – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar kunjungi Posyandu Puspa Bayu I Cilacap Selatan, Jumat (11/8/2023). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka memantau secara langsung kegiatan Posyandu yang telah mendapatkan hibah berupa alat antropometri dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ganjar saat mengukur tinggi badan seorang balita di atas alat ukur panjang badan bayi.
Ganjar saat mengukur tinggi badan seorang balita di atas alat ukur panjang badan bayi.

Alat antropometri sendiri merupakan suatu paket alat yang terdiri dari timbangan injak, timbangan bayi, alat ukur tinggi badan, alat ukur panjang badan bayi dan alat ukur lingkar kepala dan lengan yang berfungsi menilai ukuran, proporsi dan komposisi tubuh manusia. Alat antropometri juga merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak.

Ganjar kemudian mengingatkan pentingnya pemeriksaan secara rutin kepada para ibu selama masa kehamilan. “Ingat ya, harus teratur periksa kehamilannya. Hal ini sangat penting untuk mencegah stunting pada anak. Apalagi ibu yang hamil di atas 40 tahun itu tadi. Rutin ya, Bu periksanya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memberikan bantuan sebanyak 20 alat antropometri untuk Pemerintah Kabupaten Cilacap. Sedangkan Pemerintah setempat pun di tahun ini akan menggelontorkan dana untuk pembelian 1.770 alat antropometri yang akan didistribusikan ke posyandu-posyandu di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Mudah-mudahan alat yang kita terima ini benar-benar bermanfaat, angka stunting terus turun. Sekarang juga sudah turun di angka 3,5%, dan semoga terus turun. Kemudian dari 2.200 Posyandu di Kabupaten Cilacap, masih ada tiga ratusan Posyandu yang belum mendapatkan bantuan alat antropometri ini. Jadi dari provinsi 20, dari kementerian 81, dari Pemda 1.770. Nah semoga kekurangannya ini dapat segera mendapatkan antropometri kit juga,” tutupnya.

DSC 852 scaled

Nenden Komarasari

DISKOMINFO REPORTER TEAM