You are currently viewing Cilacap Bawa Keindahan dan Kekayaan Pantai Selatan ke HUT Dekranas Ke-44 2024
Mobil Hias Dekranasda Kabupaten Cilacap dalam festival mobil hias HUT Dekranas Ke-44 di Solo.

Cilacap Bawa Keindahan dan Kekayaan Pantai Selatan ke HUT Dekranas Ke-44 2024

Dengan membawa tema “Bangga Kriya dan Budaya Indonesia”, Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Cilacap turut ambil bagian dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang ke-44 di Solo, Jawa Tengah pada 15-18 Mei 2024 lalu. Acara yang berlangsung meriah ini menjadi ajang bagi Cilacap untuk menampilkan kekayaan budaya dan kerajinan khas daerah, serta legenda yang ada di Cilacap.

Dekranasda Kabupaten Cilacap dalam event ini membuka stan pameran yang menampilkan berbagai produk unggulan, seperti batik, serta produk-produk kerajinan tangan khas yang indah. Selain itu, Dekranasda Kabupaten Cilacap juga ikut memeriahkan festival mobil hias dengan membawa dua ikon legenda Kabupaten Cilacap yakni Kanjeng Ratu Kidul dan Garuda Beri.

Pj Ketua Dekranasda Kabupaten Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri mengatakan bahwa kali ini Cilacap membawa banyak produk kerajinan unggulan serta hal-hal ikonik yang ada di Cilacap.

“Di mobil hias ini ada batik, berbagai macam motif dan beberapa pengrajin juga. Terus ada anyaman bambu, kemudian tas dari kerang juga yang sudah diekspor ke luar negeri. Untuk ikonnya ada Kanjeng Ratu Kidul dan juga Garuda Beri,” terangnya.

Legenda Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Pantai Selatan, dibawakan dengan ayu oleh putri kebanggaan Kabupaten Cilacap sekaligus merupakan Miss Teenager Jawa Tengah tahun 2023, Bulan Zalfa Nabillah. Ratu Kidul sangat dekat dengan budaya Cilacap bahkan setiap bulan Sura pada hari Jumat Kliwon, diadakan Festival Nelayan dengan melarung sesaji ke laut Selatan sebagai tanda syukur kepada Tuhan sang pencipta alam semesta, karena berkah hasil laut yang melimpah di Kabupaten Cilacap.

WhatsApp Image 2024 06 15 at 23.09.09 1
dok. instagram bulanzalfana

Dalam Budaya Cilacap sendiri tokoh Ratu Kidul sangatlah dihormati dan digambarkan sebagai sosok wanita yang berparas cantik serta tegas sebagai ratu penguasa laut selatan. Ciri khasnya adalah pakaian serba hijau yang indah.

Sementara Garuda Beri, sesosok burung raksasa yang berasal dari legenda Kadipaten Donan, Kabupaten Cilacap, dibawakan dengan gagah oleh Leonardus Toni Setiawan yang merupakan putra daerah kebanggaan Cilacap dan berhasil meraih gelar sebagai Putra Pariwisata Indonesia tahun 2021 dan Man of The World Indonesia tahun 2023.

WhatsApp Image 2024 06 14 at 05.59.06

Garuda Beri sendiri merupakan hewan legenda yang digambarkan sebagai burung raksasa yang pada dahulu kala mengganggu ketentraman Kadipaten Donan. Garuda Beri konon sering menerkam hewan milik penduduk bahkan manusia sebelum akhirnya dibunuh oleh Bagus Santri, seorang utusan dari kesultanan demak dengan pusaka Cis Tilam Upih.

Kabupaten Cilacap juga memperkenalkan pakaian adat khas Cilacap dalam festival mobil hias. Busana yang didesain oleh Ibu Suhartati Suyatno pada tahun 1992 yang kemudian ditindaklanjuti pada tanggal 6 Januari 1995 dan 20 November 1995. Busana daerah yang memiliki makna pada setiap detailnya dibawakan oleh putra putri daerah Azidan Sulton Abada dan Khasna Aura Nadhifa.

Keikutsertaan Kabupaten Cilacap dalam HUT Dekranas ke-44 ini bukan hanya sekadar menunjukkan produk dan budaya lokal, tetapi juga sebagai upaya mempromosikan ekonomi kreatif daerah. Dengan memperkenalkan batik, kerajinan tangan, dan budaya pesisir Selatan. Cilacap berupaya menarik perhatian publik dan meningkatkan apresiasi terhadap produk lokal.

Fitri Awaluddin Muuri berharap langkah ini tidak hanya memperkuat identitas budaya daerah tetapi juga mendorong perkembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

“Harapannya kami ingin produk di Cilacap lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia karena ini adalah event nasional dan dihadiri oleh hampir semua provinsi di Indonesia. Ini adalah salah satu kesempatan kita untuk mempromosikan produk local Cilacap,” tutupnya. (my/kominfo)

Islamia A Sholihah

DISKOMINFO REPORTER TEAM