You are currently viewing Cilacap Berhasil Lampaui Target Penerimaan PBB-P2 Tahun 2023

Cilacap Berhasil Lampaui Target Penerimaan PBB-P2 Tahun 2023

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menyampaikan apresiasi kepada masyarakat atas ketaatan dalam membayar pajak PBB-P2. Tahun 2023, realisasi penerimaan PBB-P2 mencapai Rp 114,456 miliar, melebihi target dengan persentase sebesar 100,93%.

“Prestasi ini merupakan hasil sinergi antara masyarakat dan pemerintah daerah, termasuk para camat, kepala desa, lurah, dan seluruh perangkat desa,” ujar Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, dalam acara Gebyar Dorprize Pelunasan PBB-P2 di Pendopo Wijayakusuma Cakti.

Awaluddin menambahkan, PBB yang terkumpul akan langsung masuk ke kas daerah dan digunakan untuk pembangunan Kabupaten Cilacap melalui kegiatan APBD. Semangat ini harus dipertahankan untuk terus berkontribusi pada pembangunan daerah.

DSC 1073 scaled

Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cilacap, Muji Utomo, menjelaskan bahwa Gebyar Doorprize kali ini diadakan untuk wilayah eks Kotip Cilacap, meliputi Kecamatan Cilacap Utara, Tengah, dan Selatan.

Paket hadiah yang diundi untuk tiap kecamatan antara lain magic com, kompor gas 2 tungku, kulkas, televisi 32 inch, dan sepeda motor. Pengundian juga dilakukan 88 desa yang telah melunasi PBB per 30 Juni 2023 dengan hadiah 7 unit televisi 32 inch, 8 kulkas 2 pintu, dan 10 sepeda motor.

“Kami berharap pelunasan PBB-P2 dapat memotivasi wajib pajak untuk membayar lebih awal dan meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak,” kata Muji Utomo.

Sebelumnya, serangkaian kegiatan telah dilaksanakan di tiap distrik, sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesadaran pajak.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM