Cilacap Juara 1 Video Jogo Tonggo, Kesbangpol Jateng

Cilacap Juara 1 Video Jogo Tonggo, Kesbangpol Jateng

CILACAP – Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam penanganan Covid-19.

Melalui tajuk “Rajut Kebhinekaan dalam Pandemi”, Kesbangpol Propinsi Jawa Tengah diantaranya telah menghadirkan ajang lomba design Poster SMP, SMA/SMK, serta lomba video Jogo Tonggo Semangat Gotong Royong Penanganan Covid-19.

Untuk ajang lomba design terpilih juara 1 dan ke 2 diraih pelajar asal Kabupaten Demak, juara 3 pelajar asal Kabupaten Purbalingga dan juara harapan 1 dari kabupaten Wonosobo.

Pemenang Lomba Video Jogo Tonggo

Sedangkan untuk ajang lomba video Jogo Tonggo Semangat Gotong Royong Penanganan Covid-19, juara 1 direbut oleh Insan Indah Pribadi dari Kabupaten Cilacap. Sedangkan untuk juara 2 dan ke 3 serta juara harapan 1 secara berurutan masing- masing dari Kabupaten Boyolali, Sukoharjo dan Kabupaten Semarang. Hadiah lomba kepada juara 1 lomba video Jogo Tonggo Semangat Gotong Royong Penanganan Covid-19 ini, diserahkan panitia dari Bakesbangpol Jawa Tengah kepada Insan Indah Pribadi 14 Oktober 2020 dan disaksikan langsung Kepala Kepala Bakesbangpol Cilacap di ruang kerjanya.

Sebelum menyerahkan hadiah, dihadapan kepala Bakesbangpol Cilacap, utusan Panitia Lomba Kampung Bhineka Bakesbangpol Propinsi Jawa Tengah, Yusril Faiz menjelaskan, ajang lomba yang cukup direspon masyarakat Cilacap ini, dengan sasaran dapat menjadi sarana edukasi yang dirajut dalam kebhinekaan di tengah Pandemi Covid-19.

“Diharapkan masyarakat dapat memahami secara benar kondisi dan perkembangan Pandemi Covid-19 dan turut berperan dalam mengedukasi masyarakat lainnya, “ jelas Yusril Faiz.

Terpilihnya Indah Insan Pribadi sebagai Juara 1 lomba video Jogo Tonggo Semangat Gotong Royong Penanganan Covid-19 ini, menurut Yusril Faiz, selain sudah menjadi keputusan dewan juri, video produksi masyarakat Cilacap ini ide cerita dan muatan serta alur ceritanya naturalis menggambarkan semangat gotong royong masyarakat Cilacap dalam kebhinekaan di tengah Pandemi.

Insan Indah Pribadi sendiri ketika ditanya motivasinya ikut ajang lomba ini mengakui, ide cerita berawal adanya stigma di masyarakat yang terkesan mendiskreditkan kepada penderita positif Covid-19 dan keluarganya yang dinilai menjadi dikucilkan dan menjadi bahan pergunjingan.

“Harapannya justru pesan yang ingin disampaikan melalui video ini, agar masyarakat dapat lebih Arif dan bijaksana dalam mensikapi secara positif dengan memberi dukungan kepada penderita Covid-19 dan keluarganya,” harap Insan.

Diakuinya, video yang berjudul Beri Dukungan Untuk Sembuh ini adalah produksi anak-anak muda Karang Taruna bersama komunitasnya Sangkanparan.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Cilacap, Drs. Sadmoko Danardono, M.Si mengatakan, berbagai langkah telah dilakukan Bakesbangpol Cilacap, selain monitoring ke lapangan dan menggelar kegiatan percontohan, serta rencana siaran Dialog Forum Kebangsaan di LPPL Radio Bercahaya Cilacap.

“Selamat atas prestasi juara 1 buat mas Insan dan terus bersinergi dalam membangun bangsa dan daerah lewat karyanya,” jelasnya.(Rin/grh/Kominfo)

Jumlah Pengunjung : 111

image_pdfimage_print

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM