You are currently viewing Pemkab Cilacap Mulai Kumpulkan Donor Plasma Konvalesen
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Farid selaku penyintas Covid-19 mendonorkan plasma darah.

Pemkab Cilacap Mulai Kumpulkan Donor Plasma Konvalesen

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap telah memulai kegiatan donor darah plasma konvalesen, Rabu (23/12) melalui PMI Kabupaten Cilacap. Plasma konvalesen digunakan untuk terapi pengobatan Covid-19 menggunakan plasma darah pasien yang telah sembuh. Selanjutnya plasma tersebut diberikan kepada pasien yang masih sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan langkah ini dilakukan untuk mengobati Covid-19. Saat ini pihaknya telah mengumpulkan data penyintas Covid-19 dari tiap Puskesmas yang memenuhi syarat sebagai pendonor plasma.

Donor Plasma Konvalesen

“Rencana kedepan akan kami jadwal pengambilan darah mereka untuk digunakan plasmanya. Tapi mungkin penyimpanannya dititipkan dulu di PMI Banyumas yg sudah punya alat tersebut”, kata Pramesti.

Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap juga telah mengajukan usulan pengadaan alat berupa freezer plasma dan pengencer plasma. Sehingga plasma yang berhasil dikumpulkan dapat disimpan lebih lama, dan dapat digunakan sewaktu waktu saat dibutuhkan.

“Syarat utama pendonor adalah mereka yang pernah terkonfirmasi positif dan telah sembuh, berusia antara 18 – 60 tahun, dan tidak memiliki riwayat penyakit diabetes, jantung, maupun stroke”, jelasnya.

Saat ini kegiatan tersebut masih dalam tahap sosialisasi. Meski demikian sejumlah pejabat penyintas Covid-19 di Kabupaten Cilacap telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Antara lain Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan, Susilan, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

“Älhamdulillah, PMI Kabupaten Cilacap sudah bisa mengambil (plasma) darah untuk Covid-19, semoga memberi kontribusi nyata menekan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan”, kata Susilan.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Cilacap, dr. Yuyung Budi Waskito menjelaskan, pihaknya telah mendapat arahan dari PMI Pusat untuk melaksanakan kegiatan donor darah plasma kovalesen. Hanya saja apabila donor darah umumnya mengambil sekitar 200 cc, maka donor plasma konvalesen membutuhkan lebih banyak, yakni sekitar 400 cc.

Pendonor juga harus menyertakan bukti pernah terkonfrimasi positif Covid-19, dan dapat mendonorkan darah tidak lebih dari tiga bulan setelah dinyatakan Covid.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM