You are currently viewing Cilacap Siap Laksanakan Vaksinasi Sinovac Tahap II

Cilacap Siap Laksanakan Vaksinasi Sinovac Tahap II

CILACAP – Setelah sukses melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Pemerintah Kabupaten Cilacap kini mulai mempersiapkan vaksinasi tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan public. Persiapan ini dibahas dalam Rakor khusus di Ruang Gadri, Kantor Bupati Cilacap, Kamis (11/2/2021).

Acara tersebut dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Nampak hadir Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf beserta para asisten, perwakilan Forkopimda, serta pejabat dan kepala OPD.

Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh seluruh camat dan kepala Puskesmas seluruh Kabupaten Cilacap. Pada tahap kedua, vaksinasi akan menyasar 42.106 tenaga pelayanan publik. Meliputi 11.885 tenaga pendidik, 9.392 pedagang pasar, 157 tokoh agama, 49 wakil rakyat, dan 6.706 pegawai pemerintah baik ASN pusat maupun daerah.

Selanjutnya 2.352 petugas keamanan meliputi TNI, Polri, dan Satpol PP, 8.624 pelayan public seperti Damkar, BPBD, BUMN, BPJS, dan perangkat desa, 2.930 petugas transportasi, dan 11 orang wartawan. Untuk pelayanan vaksin tahap kedua, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menyiapkan 130 fasilitas kesehatan di seluruh wilayah.

“Total tahap kedua ada 42.106. Namun vaksin bukanlah obat. Belum ada studi yang menyatakan penerima vaksin tidak bisa menularkan Covid-19 kepada orang lain. Vaksin mendorong kekebalan spesifik pada penyakit Covid-19 agar terhindar dari penularan”, kata Bupati.

Jadwal Vaksinasi Tahap Dua

Vaksinasi tahap kedua rencananya akan dimulai pada 22 Februari 2021. Sedangkan tahapannya telah dimulai sejak 7 Februari 2021, dimulai dari pendataan sasaran pelayanan publik dan verifikasi dan finalisasi data. Seperti halnya tahap pertama, vaksinasi tahap kedua akan diberikan sebanyak 2 dosis.

Rakor tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, ST. MM dengan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Dian Setyabudi MM sebagai moderator. Pada sesi ini Sekda memaparkan tahapan persiapan vaksinasi serta kesiapan layanan tiap fasilitas kesehatan.

Sebagai informasi, penanganan Covid-19 di Kabupaten Cilacap sejauh ini cukup baik. Hal ini terlihat berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 yang mencatat bahwa angka kematian Covid-19 di Kabupaten Cilacap sebesar 2 %, masih dibawah angka nasional sebesar 7 %.

Di sisi lain, tingkat kesembuhan di Kabupaten Cilacap mencapai 90 %, dan ketersediaan tempat tidur untuk layanan isolasi Covid-19 mencapai 33 %, jauh diatas angka nasional sebesar 14 %. Melalui vaksinasi dan PPKM, diharapkan angka kesembuhan dapat ditingkatkan.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM