You are currently viewing Cilacap Tengah Raih Juara I Lomba Masak Ikan dalam Rangka Gemarikan

Cilacap Tengah Raih Juara I Lomba Masak Ikan dalam Rangka Gemarikan

CILACAP – Dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan olahan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap menggelar Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Cilacap yang diikuti oleh 24 kelompok peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Cilacap. Lomba Masak Ikan digelar di Ruang Sekar Ageng Fave Hotel, Rabu (24/11/2021).

IMG 8995
Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Cilacap Suswatiningsih Farid Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam acara Lomba Masak Ikan dalam rangka Gemarikan.

Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Cilacap Suswatiningsih Farid Ma’ruf mengatakan bahwa Kabupaten Cilacap memiliki potensi perikanan yang cukup luas namun belum dimanfaatkan secara optimal dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya mengonsumsi ikan masih rendah.

“Padahal kalau kita bandingkan nilai gizi yang terkandung dalam ikan tidak kalah dengan daging sapi maupun ayam. Bahkan kandungan gizi dalam ikan jauh lebih baik untuk pertumbuhan anak dan ibu hamil,” jelas Suswatiningsih dalam sambutannya.

Suswatiningsih mengharapkan jika menu-menu olahan ikan yang dilombakan hari ini dapat disebarluaskan ke masyarakat agar semakin banyak lagi variasi makanan dari ikan yang bisa dikonsumsi.

“Diharapkan melalui lomba ini dapat membudayakan makan ikan di kalangan keluarga di Kabupaten Cilacap dan hasil dari lomba ini juga bisa dimasyarakatkan kepada PKK bahkan sampai ke tingkat dasa wisma,” lanjutnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Ditiasa Pradipta menyampaikan bahwa lomba masak ikan ini bertujuan untuk mengurangi angka stunting di Kabupaten Cilacap.

“Angka stunting di Cilacap masih tinggi, jadi harapannya dengan lomba ini, masyarakat khususnya anak-anak mau mengonsumsi ikan, karena ikan ini juga bagus untuk mencerdaskan otak anak,” ungkapnya.

Lomba Masak Ikan dengan tema Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul untuk Indonesia Lebih maju digelar dalam rangka Hari Ikan Nasional 2021 yang jatuh pada 21 November. Lomba Masak Ikan ini juga ditujukan untuk mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Cilacap.

Dalam lomba ini, peserta ditantang untuk mengolah Ikan Patin kedalam tiga menu masakan yaitu kategori menu keluarga, menu balita dan kudapan (snack).

IMG 9011
Display menu masakan oleh Kecamatan Cilacap Tengah.

Dengan menyajikan menu Palung Saus Rica, Lumpur Pelangi dan Sweet Fish Red Bean, Kecamatan Cilacap Tengah berhasil meraih juara 1 dan membawa pulang piala, piagam serta hadiah berupa uang tunai. Juara 2 dan 3 diraih Kecamatan Maos dan Karangpucung. (mia/kominfo)

DSC 1250
Kepala Dinas Perikanan Ditiasa Pradipta bersama dengan para Juara Lomba Masak Ikan. (dok.disperka)