You are currently viewing Perkembangan Covid-19 di Cilacap, 7 Orang Positif 3 Sembuh
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma'ruf, S.T.,M.Si menyampaikan perkembangan terkini kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap, Selasa (21/7).

Perkembangan Covid-19 di Cilacap, 7 Orang Positif 3 Sembuh

CILACAP – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap bertambah 7 orang. Mereka memiliki riwayat perjalanan dari kota lain dan kontak erat dengan pasien positif. Sehingga jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Cilacap sebanyak 75 kasus dengan rincian 65 sembuh, 9 dalam perawatan, dan 1 meninggal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Cilacap, dalam siaran persnya, Selasa (21/7) menjelaskan, perkembangan kasus Covid-19 di Cilacap sangat dinamis sehingga butuh perhatian masyarakat.

“Penambahan kasus Covid-19 di Cilacap masih ada. Sembuh 3 lalu tambah 7. Oleh karena itu saya mengimbau masyarakat untuk betul betul menjaga protokol kesehatan”, kata Sekda.

Dijelaskan, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang yakni 1 orang dari Kecamatan Wanareja dan 2 orang dari Kecamatan Cimanggu. Sementara 4 orang PDP dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yakni 1 orang dari Kecamatan Cimanggu dan 3 orang dari Kecamatan Cilacap Utara.

Baca juga: Perkembangan Covid-19 di Cilacap, 4 Sembuh 3 Positif

Sedangkan 7 pasien positif yakni  3 orang masing-masing dari Kecamatan Cimanggu, Gandrungmangu, dan Jeruklegi, dan 4 orang berasal dari Kecamatan Cilacap Tengah. Dengan data terbaru ini, apabila dihitung dalam prosentase maka tingkat kesembuhan Covid-19 di Cilacap sebesar 86,67 % dan angka kematian 1,33 %.

Adapun jumlah kasus suspek saat ini sebanyak 4 orang dan kontak erat 33 orang. Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, Pemkab Cilacap melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan kembali melakukan sweeping melalui pemeriksaan rapid tes dan PCR.

“Kami melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dan instansi terkait lainnya akan mengadakan sweeping dengan melakukan rapid test dan swab. Harapannya ini bisa memutus dan mengurangi penularan Covid-19”, kata Sekda.

Sekda juga mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan bergizi dan seimbang, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta berolahraga. Demikian pula protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan sabun dan mengenakan masker bila bepergian harus tetap dilakukan.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM