You are currently viewing Desa Cinyawang Bentuk Kim Warta Jaya
Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan

Desa Cinyawang Bentuk Kim Warta Jaya

CILACAP – Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di desa Cinyawang Kecamatan Patimuan dilaksanakan pada Selasa (15/06/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komuniukasi dan Informatika (Diskominfo) dibuka oleh Camat Patimuan Priyo Sutikno yang diikuti oleh perwakilan elemen masyarakat.

Dalam sambutanya Camat Patimuan mengatakan, KIM adalah Kelompok informasi Masyarakat yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat secara khusus sebagai layanan informasi sebagai wujud kemandirian yang memiliki nilai tambah dan bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

“Ini adalah wadah untuk saling komunikasi, saling menyampaikan, saling mengisi, saling memberi masukan dan saling berinovasui untuk sama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ungkap Priyo.

Camat Patimuan Priyo Sutikno didampingi Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly dyah Permanasari, Kasie Pengelolaan Media Informasi dan Persandian, Kapolsek Cintyawang dan Sekdes Cinyawang Suharyono
Camat Patimuan Priyo Sutikno didampingi Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly dyah Permanasari, Kasie Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Arin Nastuti, Kapolsek Cinyawang dan Sekdes Cinyawang Suharyono

Kepala desa Cinyawang yang diwakili Sekretaris Desa Cinyawang Suharyono menyampaikan terimakasih kepada Diskominfo Cilacap karena telah menunjuk Desa Cinyawang untuk dibentuk KIM.

Pihaknya berharap kepada seluruh anggota KIM yang terbentuk, untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan bisa memberikan informasi-informasi yang benar adanya.

“Di era digital saat ini berbagai informasi sangat cepat beredar di masyarakat, nah tugas KIM dituntut untuk mampu menyaring, sehingga informasi yang disebarluaskan atau disampaikan adalah informasi yang benar.” jelas Suharyono.

Sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sherly Dyah Permanasari menjelaskan mengenai apa itu KIM, tujuan KIM dan manfaatnya.

KIM hadir sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka penyaluran informasi sehingga dapat memperlancar arus informasi dan distribusi informasi kepada masyarakat.

“KIM adalah kepanjang tanganan dari pemerintah di tingkat desa, sehingga KIM harus memberikan informasi yang benar dan terhindar dari berita-berita Hoax,” ungkap Sherly.

KIM Desa Cinyawang dibentuk dengan nama KIM Warta Jaya yang diketuai oleh Ngadiman, wakil ketua Eko Supriyono, sekretaris Agung Setiawan, bendahara Karyuti dan dibantu oleh 4 seksi yaitu Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi serta Seksi Pengembangan Ekonomi Produktif dengan penasehat Wasikun Budianto selaku Kepala Desa Cinyawang. (wd/Kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO