You are currently viewing Desa Karanganyar Gandrungmangu Dicanangkan Menjadi Desa Anti Korupsi
Pengucapan Pakta Integritas Desa Anti Korupsi oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Karanganyar

Desa Karanganyar Gandrungmangu Dicanangkan Menjadi Desa Anti Korupsi

CILACAP – Desa Karanganyar Kecamatan Gandrungmangu menjadi salah satu desa yang dicanangkan menjadi desa anti korupsi dan menjadi percontohan di Kecamatan Gandrungmangu. Desa Gandrung mangu adalah desa ke-19 dari 21 desa yang dicanangkan menjadi desa anti korupsi. Hal tersebut disampaikan Inspektur Kabupaten Cilacap Aris Munandar dalam acara pencanangan pembangunan zona integritas menuju desa anti korupsi di di pendopo balai desa Karanganyar Selasa (02/07/2024).

Dijelaskan, desa anti korupsi merupakan suatu konsep atau program yang bertujuan untuk mencegah tindakan korupsi di tingkat desa, sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan partisipatif. Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan tidak hanya untuk kepala desa, tetapi juga untuk seluruh perangkat dan masyarakat sebagai pengawas pelaksanaan pemerintahan desa.

“Dengan pengucapan dan penandatanganan pakta integritas yang sudah dilaksanakan tadi, selain disaksikan oleh masyarakat dan semua yang hadir, namun juga disaksikan oleh Tuhan yang maha kuasa sehingga harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan penuh dengan tanggungjawab”, ungkap Aris.

Inspektur Kabupaten Cilacap Aris Munandar saat memberikan sambutan
Inspektur Kabupaten Cilacap Aris Munandar saat memberikan sambutan

Dengan dicanangkannya pembangunan zona integritas menuju anti korupsi ini harapannya desa akan menjadi desa yang bersih dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan Negara, yang akan menjadi percontohan bagi desa lain.

“Tugas masyarakat adalah mendukung dan mengawasi jalannya pemerintahan desa sehingga pembangunan berjalan lancar dan desa anti korupsi bisa terwujud dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, pungkas Aris.

Sementara itu Kepala Desa Karanganyar Riskiana Sari berkomitmen dalam mewujudkan desa antikorupsi, dengan melihat dan belajar dari desa lain yang menjadi percontohan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan di desa.

“Kami selalu mengharapkan bimbingan dan arahan dari Inspektorat dan semua pihak, sehingga kami bisa mewujudkan desa anti korupsi, bisa melaksanakan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan sesuai dengan aturan yang ada. Kami juga siap menerima kritik dan saran dari masyarakat”, pungkas Riskiana.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dispermades Bintang Dwi Cahyono, Camat Gandrungmangu Fathan Adichandra, Kepala Diskominfo yang diwakili Kabid IKP Sherly Dyah Permanasari, Kabag Organisasi Yani Yhustianta, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri pada Kesbangpol Hari Mulyono, Forkopimcam, Ketua RW dan RT se Desa Karanganyar dan tokoh masyarakat. (wd/kominfo)

 

Anti Korupsi 3
Anti Korupsi 4
Anti Korupsi 5
Anti Korupsi 6

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO