Dianggap Sukses Tangani Covid Varian India, Forkopimda Siap Tingkatkan Penanganan Berkelanjutan
Dandim, Danlanal, Kajari dan Kapolres Cilacap tinjau pelaksanaan Vaksinasi Lansia dan Pra Lansia hari kedua di Patra Ria dan Gor Avtur, Sabtu (5/6/2021). nen/kominfo

Dianggap Sukses Tangani Covid Varian India, Forkopimda Siap Tingkatkan Penanganan Berkelanjutan

CILACAP – Melanjutkan agenda Vaksinasi Lansia dan Pra Lansia yang dilaksanakan sejak Jumat (4/6/2021), kini giliran Forkopimda yang meninjau lokasi vaksinasi di GOR Avtur dan Patra Ria untuk hari kedua, Sabtu (5/6/2021).

Forkopimda yang hari ini hadir meninjau adalah Dan Lanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi S.I.P, Kapolres AKBP Dr. Leganek Mawardi, serta Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Tri Ari Mulyanto, S.H., M.H.

Merespon pesan Panglima TNI mengenai baiknya pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menangani covid Varian India, Dandim Letkol Inf Andi Afandi S.I.P mengatakan keberhasilan mitigasi Covid varian India adalah berkat penanganan cepat dari semua pihak.

“Ini adalah hasil dari speed response Cilacap itu sendiri, baik dari Forkopimda, Stakeholder dan masyarakat umum. Serta kita juga menerapkan 3T, Tracing, tracking dan kemudian treatment. Kami akan terus tingkatkan upaya pencegahan virus kedepannya.” Jelas Letkol Inf Andi Afandi saat ditemui di GOR Avtur.

Danlanal menambahkan, jika pihaknya akan terus membantu Pemda dan Pemerintah Pusat dalam penanganan Covid-19, dengan melakukan upaya pencegahan dengan melaksanakan kegiatan patroli dan mengingatkan Prokes kepada masyarakat.

“Lanal tentu akan membantu pemerintah mencegah penyebaran covid, baik varian india maupun varian lokal dan pelaksanaan vaksinasi ini adalah salah satu bentuknya, serta bekerjasama dan saling berkoordinasi dengan KKP dalam hal pengawasan kapal asing ataupun kapal Indonesia yang masuk ke perairan laut Cilacap.” Tambah Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo.

Vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Cilacap bersama dengan Pertamina berhasil melaksanakan vaksinasi sebanyak 2624 vaksinasi, 1044 pada hari pertama dan 1580 pada hari kedua.

Peserta vaksinasi diantaranya adalah warga Kecamatan Cilacap Utara, Tengah dan Selatan serta dari Pertamina RU IV, Bhayangkari Polres Cilacap, Persit Kartika Candra Kirana Dim 0703/Cilacap dan Jalasenatri Lanal Cilacap.  Agenda hari kedua dilaksanakan di tempat yang sama, Parta Graha, Patra Ria dan GOR Avtur berjalan tertib dan lancar.

Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap mengapresiasi kerjasama antara Polres, TNI dan Lanal karena mendukung dan mengawal pelaksanaan vaksinasi ini.

“Kejaksaan disini dalam rangka pendampingan, dan sebagai Forkopimda, saya bersama dengan yang lain harus mensukseskan program seperti ini.” Ujar Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Tri Ari Mulyanto.

Sebagai informasi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menilai pelaksanaan protokol kesehatan di Kabupaten Cilacap cukup sukses memitigasi varian baru Covid-19 B.1617.2, hal ini disampaikan Panglima TNI di Patra Graha Jumat (4/6/2021). Oleh karena itu, Panglima berpesan kepada anggota TNI dan Polri untuk senantiasa membantu Pemkab Cilacap dalam menggelorakan protokol Kesehatan. 

Reporter : Mia/Kominfo