You are currently viewing Digenjot Pengembang Industri Cilacap

Digenjot Pengembang Industri Cilacap

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap terus berupaya untuk menggenjot pengembangan sektor industri. Untuk itu sejumlah persiapan mulai dilakukan, salah satunya adalah rencana perluasan kawasan peruntukan industri atau KPI. Hal tersebut terungkap pada rapat koordinasi tata ruang wilayah kabupaten Cilacap, di ruang Gadri Wijayakusuma Cilacap Kamis(31/10).
Dalam paparannya, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Cilacap, Hamzah Syafrudin menjelaskan, perluasan Kawasan Peruntukan Industri atau KPI yang akan dilakukan meliputi KPI kawasan strategis provinsi seluas 1.618 ha/ kemudian KPI Bunton yang semula 450 ha menjadi 556 ha, dan KPI Cilacap Timur 1109 ha yang sebagian besar untuk industri perikanan terpadu.


Selanjutnya perluasan KPI Karangkandri yang semula 125 hektar menjadi 509 ha. Digambarkan perluasan di Karangkandri dilakukan untuk penampungan relokasi Kawasan Industri Cilacap atau KIC yang saat ini dinilai lahannya sudah habis di Lomanis. Selain itu perluasan KPI Karangkandri juga diperuntukan PLTU Karangkandri dalam pembuatan Green Belt atau sabuk hijau yang dianggap menjadi solusi persoalan lingkungan.
Hamzah menambahkan, untuk perluasan KPI Bengawan Donan di Kutawaru sekitar 4 ribu hektar akan mengalami sedikit penyesuaian. Yakni luasan tersebut bakal dibrekdown dan difokuskan pada lahan yang berada diluar kawasan hutan. Luasannya yakni sekitar 816 hektare, hal tersebut dilakukan untuk memenuhi syarat pemetaan dan saran dari provinsi.(Arin/Grh)

[pvcp_1]

Leave a Reply