You are currently viewing Dinas Arpus Cilacap Tingkatkan Layanan Informasi Publik Melalui Dongkrak Pak BerTI
Kepala Dinas Arpus Cilacap, Supriyanto bersama Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Christiana Dewi saat menguji coba layanan Donkrak PAk BerTI.

Dinas Arpus Cilacap Tingkatkan Layanan Informasi Publik Melalui Dongkrak Pak BerTI

Oleh Christiana Dewi, SH*

CILACAP – Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap untuk terus meningkatkan layanan. Hanya saja, untuk menerapkan protokol kesehatan. Sosialisasi yang semula dilaksanakan secara tatap muka, kini memanfaatkan teknologi informasi.

Dongkrak Pak BerTI Oleh Dinas Arpus Kab. Cilacap

Sektor ini menjadi perhatian khusus bagi Dinas Arpus Kabupaten Cilacap. Peningkatan layanan berbasis teknologi informasi membutuhkan dukungan sarpras dan SDM yang memadai. Kepala Dinas Arpus Supriyanto, melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Christiana Dewi menyajikan perubahan ini dalam layanan bernama Dongkrak Pak BerTI.

Dongkrak Pak BerTI merupakan akronim dari Pelayanan Yang Akuntabel Berbasis Teknologi Informasi. Layanan ini mengedepankan penyediaan perangkat pertemuan jarak jauh beserta aplikasinya. Saat ini, layanan tersebut mengoptimalkan aplikasi Zoom Meeting untuk berbagai forum.

“Dengan perkembangan teknologi informasi, pandemi Covid-19 bukan menjadi penghalang bagi instansi dalam melaksanakan sosialisasi maupun forum lain meski tetap berjarak”, jelas Dewi.

Layanan ini dilaunching saat apel pagi di halaman kantor setempat, Jumat (6/8). Kepala Dinas Arpus Cilacap, Supriyanto berharap layanan ini dimanfaatkan dengan baik. Agar dapat dioptimalkan, diperlukan pula dukungan SDM yang menguasai aspek teknis.

“Sehingga ketika menggunakanya tidak lagi ada kendala”, jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Arpus Cilacap juga telah melakukan sosialisasi kepada karyawannya tentang penggunaan aplikasi zoom meeting. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap juga turut dilibatkan untuk menjelaskan berbagai aspek teknis yang diperlukan untuk mengoptimalkan layanan ini.

Dinas Arpus juga telah menerapkan teknologi informasi dalam beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Beberapa aplikasi tersebut antara lain e-Pusda, i-Cilacap, informasi kearsipan dan perpustakaan yang diinformasikan melalui media sosial, serta website. (*)

*)Penulis adalah Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan VII  Kabupaten Cilacap Tahun 2020.

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM