Dinas Arpus Optimalkan Layanan Pustaka Digital

Dinas Arpus Optimalkan Layanan Pustaka Digital

CILACAP – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap terus mengoptimalkan layanan pustaka digital melalui aplikasi iCilacap. Selain untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang mungkin terjadi saat berkunjung ke perpustakaan.

Aplikasi Dinas Arpus Kabupaten Cilacap

Kepala Dinas Arpus Kabupaten Cilacap, Supriyanto menjelaskan, iCilacap merupakan aplikasi open source berbasis android yang dapat diakses masyarakat umum. Sejumlah fitur unggulan yang dimiliki antara lain koleksi buku yang memuat ribuan judul, ePustaka, feed, rak buku dan e-Reader untuk membaca koleksi ebook dalam aplikasi tersebut.

“Kita ada dua (aplikasi), yang pertama ePusda dan iCilacap. Buku bukunya cukup lengkap, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi tersebut”, kata Supriyanto, Rabu (24/2/2021).

Disebutkan, aplikasi digital tersebut merupakan jawaban Dinas Arpus bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kepustakaan. Sebab semenjak pemerintah memberlakukan darurat bencana nasional pandemi Covid-19, Dinas Arpus menutup sementara layanan Perpustakaan Daerah, termasuk layanan mobil perpustakaan keliling sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Melalui dua aplikasi tersebut, memilah buku kini bukanlah hal yang sulit dan menyita waktu. Di sisi lain, tren kunjungan masyarakat pada dua aplikasi tersebut makin meningkat. “Dari hasil pantauan melalui sistem android kami, ternyata lumayan banyak dikunjungi pembaca”, tambahnya.

Selain layanan perpustakaan, Dinas Arpus juga kini memiliki layanan wisata arsip. Layanan ini cukup istimewa. Sebab masyarakat dapat menyaksikan sejarah terbentuknya Kabupaten Cilacap, dan melihat berbagai arsip yang mengiringi pembentukan dan perkembangan Kabupaten Cilacap.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM