You are currently viewing Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Pembudayaan Gemar Membaca
Insan Peduli Pustaka yang terpilih menerima hadiah sepeda dan bingkisan lainnya

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Pembudayaan Gemar Membaca

CILACAP – Dalam rangka meningkatkan budaya literasi masyarakat melalui pemberdayaan para pemangku kepentingan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Pembudayaan Gemar Membaca Tingkat Kabupaten Cilacap, Senin (27/11/2023) di Hotel Sindoro Cilacap.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bachtiar Achmad selaku penanggung jawab acara menyampaikan, bahwa pelaksaan Kegiatan Pembudayaan  Gemar Membaca merupakan bentuk motivasi terhadap para Penggiat Literasi dan Duta Baca yang berkiprah dalam membangun budaya baca dan literasi masyarakat di Kabupaten Cilacap.

DSC 5777
Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Bachtiar Achmad

“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana untuk menyatukan semua elemen bangsa yang berperan dalam pembudayaan gemar membaca dan literasi untuk bersama sama dengan pemerintah berperan aktif dalam membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kegemaran membaca dan literasi”, jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia terutama di Kabupaten Cilacap adalah rendahnya budaya baca masyarakat. Nilai Kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Cilacap tahun 2022 sebesar 56,49 kategori sedang, nilai tersebut berada dibawah capaian Provinsi Jawa Tengah sebesar 70,96 kategori tinggi dan Nasional sebesar 63,90 kategori tinggi.

“Keterkaitan antara Kegemaran membaca dengan kemiskinan menjadi perhatian kita bersama. sehingga kita harus terus berupaya agar minat baca masyarakat Kabupaten Cilacap semakin meningkat”, tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap juga memberikan penghargaan kepada 4 orang sebagai Insan Peduli Pustaka, dari jumlah pendaftar sebanyak 13 orang. Para pemenang masing-masing juga mendapatkan hadiah berupa sepeda dan bingkisan lainnya.

Insan Peduli Pustaka yang terpilih diantaranya, Ruyanti (Taman Buku Kent) dari Kecamatan Karangpucung, Ikhsan Romadoni (Komunitas Ruang Nutrisi) dari Kecamatan Kesugihan, Awalia Rizkiani (Komunitas Pena CBC) dari Kecamatan Cilacap Tengah, dan Anton Wibowo (Komunitas Gembus) dari Kecamatan Sidareja. (pink/aji/kominfo)

Pingky Marsella Effendie

DISKOMINFO REPORTER TEAM