Dinkes Cilacap Lakukan Swab Tes PNS  Calon Peserta Diklat

Dinkes Cilacap Lakukan Swab Tes PNS Calon Peserta Diklat

CILACAP – Jumlah pasien positif Covid -19 di Kabupaten Cilacap kembali bertambah satu orang. Yakni berdasarkan hasil uji tes laboratorium swab di Rumah Sakit Pertamina Cilacap atau RSPC belum lama ini, dari seorang laki-laki berusia 52 tahun asal Kecamatan Cilacap Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, Kamis (13 /08) saat diikonfirmasi mengungkapkan pasien positif Covid-19 tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Cirebon, Jawa Barat. Sedangkan terkait Swab, ditegaskan pemeriksaan uji laboratorium tersebut dilakukan secara mandiri oleh pasien.

Disinggung soal gejala, dr. Paramesti menjelaskan pasien tersebut diketahui sepulangnya dari Cirebon merasakan beberapa gejala mirip Covid-19. Meliputi demam, batuk, pilek, sesak nafas, perut terasa tidak enak, sakit kepala, hingga tenggorokan terasa nyeri.

Lebih lanjut, dr. Pramesti mengatakan, dengan adanya temuan kasus pasien positif Covid-19 ini, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Cilacap telah meresponnya dengan melakukan contact tracing. Diantaranya dari lingkup terdekat pasien seperti keluarga, teman, rekan kerja dan orang – orang yang pernah bertemu atau kontak secara langsung.

Jumlah Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Cilacap

Dengan demikian hingga Kamis sore, tepatnya pada 13 Agustus 2020, Jumlah total keseluruhan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Cilacap ada sebanyak 81 orang. Dengan rinciannya 4 orang dirawat, 76 Sembuh, dan 1 orang meninggal dunia.

dr. Pramesti Griana Dewi menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol Covid-19 secara disiplin. Mulai dari berusaha untuk tetap dirumah, menggunakan masker saat berpergian, melakukan sosial distancing maupun pisikal distancing, kemudian mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Peserta Diklat PKP 2020 Pemkab Cilacap lakukan Swab Test
Peserta Diklat PKP 2020 Pemkab Cilacap lakukan Swab Test

Sementara itu, untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Cilacap, Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap terus berupaya melakukan upaya pencegahan, dengan melakukan swab test kepada pengendara di jalur perbatasan Jawa Tengah – Jawa barat dan di wilayah perbatasan Cilacap – Kebumen beberapa waktu lalu.  

Upaya yang sama juga dilakukan kepada pegawai di lingkup Pemkab Cilacap. Sebanyak 30 Pejabat Eselon IV Calon peserta Diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) tahun Anggaran 2020 Kabupaten Cilacap,  pada kamis (13/08) di Badan Diklat Pemkab Cilacap dilakukan swab test. Kegiatan Swab tes dilakukan kepada 30 Pejabat Eselon IV yang akan mengikuti kegiatan Diklat PKP. (Rin/Kominfo)

Jumlah Pengunjung : 150

image_pdfimage_print

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM