You are currently viewing Diseminasi Informasi Pembangunan, Diskominfo Gelar Wayang Kulit Virtual
Kepala Diskominfo Cilacap, Drs. M. Wijaya, MM menyerahkan tokoh wayang kepada Ki Dalang Mongko Daryono.

Diseminasi Informasi Pembangunan, Diskominfo Gelar Wayang Kulit Virtual

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap kembali menyelenggarakan pagelaran wayang kulit, dalam rangka diseminasi informasi pembangunan daerah, Jumat (3/12/2021).

Pagelaran wayang kulit oleh Ki Dalang Mongko Daryono dengan lakon “Prabu Kolo Durgongso” ini diselenggarakan secara virtual melalui kanal YouTube Kominfo Cilacap. Hadir pula bintang tamu Ki Dalang Yakut ‘Jedher’ bersama pelawak Ciblek yang turut memerahkan suasana.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Dr. M. Wijaya, M.M menjelaskan, kesenian wayang kulit yang sangat digemari masyarakat sangat tepat dijadikan media penyampaian informasi. “Sarana ini digunakan untuk menyebarkan informasi terkait dengan berbagai macam pembangunan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan”, kata Wijaya.

Sebagai contoh, telah banyak keberhasilan pemerintah daerah melalui Bangga Mbangun Desa yang belum diketahui secara luas. Oleh karena itu, melalui pagelaran ini diharapkan masyarakat mengetahui dan terus mendukung berbagai kebijakan pemerintah daerah dalam pembangunan.

Terkait pekembangan Covid-19, Wijaya menyampaikan per 2 Desember 2021 kasus konfirmasi positif aktif sebanyak 1 orang. Meski demikian, Wijaya meminta masyarakat tetap memathui protokol kesehatan. Terlebih dengan adanya varian baru Omicron yang penularannya sangat cepat.

“Penanganan Covid-19 di Indonesia merupakan salah satu penanganan terbaik yang mendapatkan apresiasi dari negara-negara lain. Vaksin juga luar biasa, karena ada beberapa negara yang proses vaksinasinya masih di bawah 10 persen”, tambahnya.

Perlu diketahui, pagelaran wayang kulit ini digelar secara virtual untuk menyesuaikan dengan tatanan adaptasi kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan. Selain itu, dengan pagelaran ini diharapkan seniman tradisional tetap berdaya dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM