You are currently viewing Diskominfo Cilacap Lakukan Penguatan KIM Giriwangi Cipari
dari kanan ke kiri : Ketua KIM Giriwangi Aminudin, Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari, Kasie PMD Kec. Cipari Undang Pilihadi, dan Kasie Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Arin Nastuti.

Diskominfo Cilacap Lakukan Penguatan KIM Giriwangi Cipari

CILACAP – Dinas Kominikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap melalui Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Sesuai dengan program kerja dalam rangka pelaksanaan kegiatan Penyebarluasan Informasi yang bersifat penyuluhan bagi masyarakat tahun anggaran 2021 akan dilaksanakan kegiatan Penguatan KIM pada 6 (enam) lokasi Desa yang sudah terbentuk sebelumnya yaitu KIM Giriwangi Desa Cipari Kecamatan Cipari, KIM Singkong Sari Desa Pesanggrahan Kecamatan Kesugihan, KIM Bintang Warta Sari Desa Jambusari Kecamatan Jeruklegi, KIM Budaya Bambu Sari Desa Banjarwaru Kecamatan Nusawungu, KIM Warta Arum Desa Jepara Kulon Kecamatan Binangun dan KIM Mitra Lestari Desa Mergawati Kecamatan Kroya.

Sebagai KIM pertama yang mendapatkan Penguatan adalah KIM Giriwangi Desa Cipari Kecamatan Cipari yang dilaksanakan di balai pertemuan KIM Giriwangi pada kamis (21/10/2021).

KIM Giriwangi merupakan KIM yang dibentuk pada tahun 2009 yang diketuai oleh Aminudin, S. Pd.I., M.Pd. dan telah banyak kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk keaktifan dari KIM tersebut.

Ketua KIM Giriwangi Aminudin saat memberikan sambutan selamat datang pada acara Penguatan KIM
Ketua KIM Giriwangi Aminudin saat memberikan sambutan pada acara Penguatan KIM

Dalam sambutanya ketua KIM Giriwangi, Aminudin, S. Pd.I., M.Pd.  mengatakan, KIM Giriwangi selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan, baik yang diselenggarakan oreh pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional.

Banyak kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan seperti pelatihan membatik, UMKM yang berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami menginginkan sebenarnya dari Diskominfo itu mengadakan pelatihan Jurnalistik maupun Editing Video dan Shooting bagi anggota KIM Giriwangi, karena disini banyak potensi-potensi yang perlu dikembangkan”, ungkap Aminudin.

Pihaknya berharap dengan penguatan KIM ini nantinya KIM Giriwangi akan lebih maju, akan lebih berkarya dan akan dapat mewujudkan KIM yang berkarakter, inovatif dan peduli terhadap informasi yang dinamis.

Camat Cipari yang diwakili Kasie Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Cipari, Undang Pilihadi, S.H. menekankan bahwa tugas anggota KIM itu adalah sebagai penyambung lidah dari pemerintah kepada masyarakat.

“Tugas KIM itu dibilang berat ya ringan, dibilang ringan ya berat, karena segala informasi sangat cepat menyebar, dan KIM lah yang menyaring informasi-informasi tersebut agar informasi yang sampai kepada masyarakat adalah informasi yang benar dan tugas ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas”, jelas Undang.

Undang berharap agar kegiatan KIM yang sudah berjalan untuk terus dilaksanaakan, dan berbagai prestasi yang diperoleh oleh KIM Giriwangi tentunya menjadi penyemangat tersendiri sehingga pengurus KIM terus berinovasi dan berkarya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan Penguatan KIM ini, Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari menjelaskan kembali tugas dan aktivitas pokok KIM.

“Bagaimana KIM ini bisa mengakses informasi, menggali dan mengecek kebenaran sebuah informasi sehingga informasi yang disanpaikan kepada masyarakat adalah informasi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat”, jelas Sherly. (wd/kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO