Diskominfo Gelar Bimtek Pengelola Website Kecamatan
Para pengelola website kecamatan di lingkungan Pemkab Cilacap mengikuti Bimtek Pengelolaan Website di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Senin (24/2)

Diskominfo Gelar Bimtek Pengelola Website Kecamatan

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap menggelar Bimbingan Teknis bagi pengelola website kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Acara yang digelar di Ruang Rapat Diskominfo Kabupaten Cilacap ini diikuti 24 pengelola website dari seluruh kecamatan, Senin (24/2).

Bimtek dibuka Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sukaryanto, mewakili Kepala Dinas. Dijelaskan, bimbingan teknis ini bertujuan untuk membekali para pengelola website kecamatan dengan kemampuan dasar sesuai kaidah keterbukaan informasi publik.

Dalam pelaksanaannya, pengelola website wajib mengisi konten sesuai dengan kegiatan di masing-masing kecamatan. Tujuannya agar masyarakat mengetahui berbagai kegiatan pemerintahan yang dilaksanakan, serta membantu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) baik utama maupun PPID Pembantu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

IMG 9469
Kasi Pengelolaan Informasi dan Statistik Irianto Budi Raharjo memberikan arahan dalam Bimtek Pengelolaan Website.

Bimbingan Teknis dipandu Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Statistik, Irianto Budi Raharjo. Adapun materi yang disampaikan meliputi tata cara pengisian fitur dan menu informasi. Peserta juga diberikan pemahaman mengenai informasi berkala, informasi setiap saat, dan informasi yang dikecualikan.

Fitur website kecamatan ini berisi beberapa menu antara lain profil, basis data, informasi publik, layanan, serta berbagai informasi lain yang dibutuhkan masyarakat. Agar memudahkan masyarakat, pengelola website wajib mengupdate konten menu tersebut sesuai perkembangan yang ada.

Setiap tahun, Komisi Informasi melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan layanan informasi publik di setiap daerah. Keberadaaan website di tiap perangkat daerah, termasuk kecamatan, menjadi salah satu indikator penilaian apakah suatu pemerintah daerah telah cukup informatif dalam memberikan pelayanan publik.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply