Diskominfo Lakukan Simulasi Penanggulangan Bencana

CILACAP – Staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap melakukan latihan penanggulangan bencana dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2021.

Latihan penanggulangan bencana dimulai dengan simulasi terjadinya gempa di Kabupaten Cilacap. Kemudian seluruh staf Dinas Kominfo berkumpul di titik kumpul yang berada di halaman depan. Selain itu, Dinas Kominfo juga membunyikan bel peringatan bencana pada Senin (26/4/2021) pukul 10 waktu setempat.

Setelah seluruh staf berkumpul, kemudian Sekretaris Dinas, Drs. Rochman, M.Si memberikan pemberitahuan dan masukkan untuk tidak panik dan tetap tenang saat bencana datang.

“Semuanya tetap tenang, dicek Kembali apakah semua rekannya sudah berkumpul, dicek juga ada yang luka-luka atau tidak. Saat bencana terjadi tidak boleh panik, lakukan evakuasi mandiri dan berkumpul di titik kumpul.” Ujar Sekdinkominfo.

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ini adalah suatu hal yang penting agar masyarakat lebih menyadari tentang ancaman bencana dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Selain membunyikan sirine tanda bencana dan melakukan simulasi penanggulangan bencana gempa dan tsunami, BPBD Kabupaten Cilacap juga menggelar penanaman pohon dan simulasi bencana di Desa Bunton, Adipala.

Seperti diketahui, Kabupaten Cilacap menjadi tuan rumah Hari Peringatan Kesiapsiagaan Bencana Nasional ke-14 yang diperingati setiap tanggal 26 April setiap tahunnya sejak 2017 oleh BNPB dengan slogan #SiapUntukSelamat. (mia)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM