Dispermades Cilacap dan Kodim 0703/Cilacap Gelar Rapat Persiapan TMMD Desa Karangjengkol Kesugihan
Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto bersama Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin Santosa saat membuka Rapat Persiapan TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 di Desa Karangjengkil, Kesugihan, Kamis (10/9).

Dispermades Cilacap dan Kodim 0703/Cilacap Gelar Rapat Persiapan TMMD Desa Karangjengkol Kesugihan

CILACAPDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap bersama Kodim 0703/Cilacap menggelar Rapat Persiapan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2020. Rapat digelar di Aula Makodim 0703/Cilacap, Kamis (10/9).

Acara dibuka Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, didampingi Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin Santosa. Dalam arahannya, Dandim menjelaskan bahwa TMMD merupakan bentuk sinergitas antara TNI bersama masyarakat, untuk meningkatkan perekonomian melalui pembangunan.

TMMD Sengkuyung Tahap III Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan

Rencananya TMMD Sengkuyung Tahap III akan digelar di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan. Sasaran kegiatan terbagi dalam dua kategori, yakni fisik dan non fisik, Untuk kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan makadam dengan volume 700 m x 3 m, pembuatan bronjing sepanjang 66 m, pembangunan MCK pada fasilitas umum 2 unit, serta rehab RTLH sebanyak 25 unit.

Sedangkan kegiatan non fisik antara lain penyuluhan pertanian, peternakan, dan perkebunan. Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, sosialisasi bela negara dan wawasan kebangsaan, kamtibmas dan sosialisasi antinarkoba. Pembuatan KIA dan KTP elektronik, pelatihan kearsipan, dan lain lain.

Persiapan TMMD Karangjengkol
Persiapan TMMD Karangjengkol

Saat menyampaikan sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Kepala Dispermades Cilacap, Arifin menjelaskan bahwa meski pandemi Covid-19 masih mengintai, kegiatan TMMD tetap dilaksanakan dengan tatanan normal baru. “Rencananya Upacara Pembukaan akan dilaksanakan 22 September 2020, tapi masih menunggu Surat resmi. Tempatnya di Balai Desa Karangjengkol Kecamatan Kesugihan”, kata Arifin.

“Untuk kegiatan non fisik nanti akan dikaji lebih lanjut dan disesuaikan, namun untuk kegiatan fisik khususnya pembangunan jalan makadam sangat dibutuhkan masyarakat sebagai sarana mobilitas pengangkutan hasil pertanian dan lalu lintas”, jelasnya.

Agar pelaksanaanya berjalan optimal dan sesuai target, Arifin meminta agar Pemerintah Desa Karangjengkol berkoordinasi dengan tiap OPD dan lembaga terkait. Pemerintah Kecamatan Kesugihan juga diminta untuk membantu teknis persiapan TMMD, khususnya pelibatan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 53
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM