You are currently viewing Doa Bersama Lintas Agama bersama FKUB untuk Para Korban Covid-19 di Cilacap
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memberikan sambutan dalam acara Doa Bersama Lintas Agama Kabupaten Cilacap, Sabtu (17/7/2021) di Ruang Prasandha Pendopo Kabupaten Cilacap. (dok. mia/kominfo)

Doa Bersama Lintas Agama bersama FKUB untuk Para Korban Covid-19 di Cilacap

CILACAP – Segala upaya telah dilakukan pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menanggulangi penyebaran dan dampak buruk pandemi Covid-19. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan jika segala usaha juga harus diimbangi dengan doa yang dilangitkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hal tersebut yang mendorong Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama dengan Kementerian Agama Kabupaten Cilacap dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap menggelar acara Doa Bersama Lintas Agama Kabupaten Cilacap, Sabtu (17/7/2021). Acara doa bersama dilakukan secara virtual melalui zoom dan disiarkan langsung di Youtube Kementerian Agama Cilacap.

Dalam sambutannya Bupati meminta kepada masyarakat untuk introspeksi diri, menerima keadaan dan menjadi relawan untuk mengingatkan dan menjaga keluarga, saudara dan lingkungan dari Covid-19.

“Jaga saudara kita, jangan saling menyalahkan. Sekarang adalah bagaimana kita beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kondisi ini.” Kata Bupati.

Berpikir positif dan bersyukur, menurut Bupati adalah salah satu cara agar masyarakat bisa lebih mudah menjalani kehidupan di tengah pandemi. “Segala upaya telah dilakukan, sekarang kita harus meminta kepada Allah SWT, kepada Tuhan YME, karena di atas dokter ada Tuhan, di atas obat-obatan ada Tuhan. Hanya kepadaNya kita meminta pertolongan.” Imbuhnya.

Hadir secara langsung di Ruang Prasandha Pendopo Kabupaten Cilacap, Anggota DPR RI sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih, Ketua FKUB KH. Achmad Shoim El-Amin dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap Oktriviyanto Subekti.

“Hadir pula secara virtual, Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap H. Imam Tobroni, serta tokoh-tokoh agama yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap,” kata Ketua FKUB KH. Achmad Shoim El-Amin selaku penyelenggara.

KH. Achmad Shoim menyatakan jika Doa Bersama Lintas Agama ini ditujukan kepada korban Covid-19, baik yang telah wafat maupun yang sedang berjuang melawannya.

“Semoga yang telah wafat, telah gugur, diampuni segala dosa dan ditempatkan ditempat yang paling mulia. Yang sedang berjuang disegerakan kesembuhannya dan yang sehat akan tetap sehat. Semoga Covid-19 bisa terkendali dan ditangani dengan baik di Kabupaten Cilacap.” Harapnya.

IMG 1286

Doa bersama dipimpin langsung oleh pemuka agama yang ada di Cilacap. Pemuka Agama Islam KH. Jamun Efendi membacakan doa harapan, Agama Kristen yang dipimpin oleh Pendeta Yosafat Ari Wibowo membacakan doa kekuatan, dan doa penyembuhan dibacakan oleh Romo Vincent Watun OMI dari agama Katolik.

Selanjutnya Agama Hindu dipimpin oleh Djoko Warsito membacakan doa keselamatan, Biksu Sunarso selaku Pemuka Agama Buddha membacakan Abaya Paritta dan dari agama Konghucu Zhang Lao Slamet Anwar membacakan doa ketaatan. 

Reporter : Mia/Kominfo