You are currently viewing DPRD dan Bupati Cilacap Tandatangani Berita Acara Persetujuan Bersama Raperda dalam Rapat Paripurna DPRD
Bupati bersama Pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cilacap, Kamis (30/9/2021). (ndn/kominfo)

DPRD dan Bupati Cilacap Tandatangani Berita Acara Persetujuan Bersama Raperda dalam Rapat Paripurna DPRD

CILACAP – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cilacap dilaksanakan dalam rangka penetapan dan penandatanganan Berita Acara dan Keputusan DPRD tentang persetujuan bersama antara DPRD Kabupaten Cilacap dengan Pemerintah Kabubaten Cilacap terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda di Ruang Rapat DPRD, Kamis (30/9/2021).

Hadir dalam acara ini, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Sindi Syakir, Purwati, dan Saiful Musta’in, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Sekretaris DPRD Kabupaten Cilacap Sumaryo, Asisten Sekretaris Daerah, Anggota DPRD, dan OPD terkait yang mengikuti rapat secara virtual.

Membuka dan memimpin Rapat Paripurna DPRD hari ini, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat membacakan agenda rapat, aturan serta catatan  dalam Rapat Paripurna DPRD.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian laporan Badan Anggota DPRD Kabupaten Cilacap yang disampaikan oleh Yayan Rusyawan. Selanjutnya pembacaan Rancangan Berita Acara Dan Rancangan Keputusan DPRD terkait Persetujuan Bersama Bupati Cilacap dan DPRD Kabupaten Cilacap Tentang Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Tentang Perubahan APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021 Menjadi Peraturan Daerah oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Cilacap Sumaryo.

Kemudian Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama dengan Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Sindi Syakir, Purwati, dan Saiful Musta’in melakukan penandatanganan Berita Acara.

Dalam tanggapannya, Bupati Cilacap menyampaikan jawaban terhadap pandangan akhir fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda Kabupaten Cilacap seperti penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Terkait alokasi vaksin, pemkab akan melakukan audiensi dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Kemenkes. Kemudian terkait antisipasi kenaikan harga, pemkab telah melakukan monitoring harga barang pokok di pasaran.” Jelas Bupati.

Bupati menambahkan, mengenai efisiensi dan efektifitas belanja daerah, seluruh perencanaan belanja sudah diperhitungkan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan berdasarkan prioritas yang ada.

“Pemkab Cilacap juga akan terus berupaya meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintah dengan meningkatkan sinergitas antara eksekutif dan legislative dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Saya ucapkan terimakasih kepada Rapat Dewan yang terhormat sehingga Raperda yang diajukan dapat ditetapkan menjadi Perda.” Tambahnya.

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk segera mengejar terkait perubahan anggaran. “Perubahan anggaran waktunya pendek, maka segera lari. OPD terkait jangan sampai tiga bulan ini waktunya tidak termanfaatkan. Masyarakat juga harus memonitor kinerja Pemerintah dan DPRD terkait anggaran khususnya.” Pungkasnya. (wd/kominfo)