You are currently viewing Dukung P4GN dan PN, Pemda akan Tetapkan Perda

Dukung P4GN dan PN, Pemda akan Tetapkan Perda

CILACAP – Wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam mendukung Kabupaten Cilacap menjadi masyarakat yang anti narkoba yaitu akan ditetapkan Perda terkait Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekusor Narkotika (PN).

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman dalam Rapat Kerja Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah di Hotel Dafam, Rabu (16/2/22).

“Ini wujud komitmen secara legalisasi aturan bagaimana kedepan Pemerintah bisa membantu secara formal kepada BNNK untuk memberantas narkoba di Kabupaten Cilacap termasuk dalam pendanaan. Intinya Pemkab Cilacap komitmen, semoga Covid-19 segera membaik sehingga ada keluasan anggaran untuk nantinya membuat program pemberantasan narkoba,” ucap Syamsul saat membuka acara tersebut.

Selain itu terkait dengan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba), Syamsul berpesan untuk diterapkan secara optimal karena merupakan program dari BNN untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman dari peredaran gelap serta penyalahgunaan narkoba terutama di pedesaan.

“Implementasikan kegiatan tersebut secara nyata, jangan hanya formalitas pada saat dicanangkan tetapi bersama dengan pemdes, forkopimcam dan seluruh ormas benar-benar harus menggerakkan masyarakat untuk bersinergitas dan peduli. Bantu Pemerintah menangani peredaran gelap narkoba, selamatkan generasi Indonesia bebas narkoba,” tegasnya.

Atas dukungannya dalam pemberantasan narkoba, Kepala BNNK Cilacap berterimakasih kepada Pemkab Cilacap. BNNK Cilacap berharap agar program P4GN dan PN di Kabupaten Cilacap dapat terlaksana dengan baik.

Disampaikan sepanjang tahun 2021, BNNK Cilacap telah berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba sebanyak 51 kasus. Pada Januari dan Februari 2022 terdapat 6 kasus dengan 12 tersangka.

“Narkotika ini adalah hal yang nampak, yang dibawah permukaan saya yakin lebih banyak. Sehingga kita upayakan pencegahan, agar nantinya terwujud Cilacap Bersinar atau bersih dari Narkoba,” jelas Ketua BNNK Cilacap. (mia/kominfo)