You are currently viewing Duta Wisata Harus Mampu Tingkatkan Branding Pariwisata
Bupati Tatto Suwarto Pamuji berfoto bersama pemenang ajang Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Cilacap Tahun 2022.

Duta Wisata Harus Mampu Tingkatkan Branding Pariwisata

CILACAP – Pemerintah Kabupaten CIlacap melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) menggelar Grand Final Pemilihan Duta Wisata Tahun 2022. Acara yang digelar di Gedung Griya Patra, Jalan Ir. H. Juanda Kelurahan Kebonmanis, Cilacap Utara ini, dihadiri oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji, beserta sejumlah pejabat.

Plt. Kepala Disporapar Cilacap, Paiman menjelaskan, Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Cilacap tahun ini, mengambil tema “Cilacap Sheen of Java”. Pelaksanaanya melalui beberapa tahap, yakni seleksi awal pada 10 Juni 2022, dengan peserta 80 orang, dan terpilih 20 finalis. Rangkaian kegiatan selanjutnya kemudian dilaksanakan secara bertahap, seperti photo shoot dan video shoot, serta unjuk bakat finalis.

“Karantina finalis dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Juni 2022 dengan kegiatan pembekalan dan tes tertulis,” kata Paiman.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji berharap generasi muda sebagai penerus pembangunan dapat berperan aktif dalam meningkatkan branding pariwisata.  Menurut Bupati, gelar bergengsi pada ajang pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten ini, selain meningkatkan rasa bangga dan cinta daerah sendiri, para finalis juga dituntut untuk mampu mempromosikan, mengedukasi, dan menginspirasi masyarakat Kabupaten Cilacap terhadap perilaku masyarakat Sadar Wisata.

DSC 5890

“Karenanya, siapa pun yang nantinya, saya minta untuk terus memperluas ilmu pengetahuannya, terutama terkait kondisi, karakter, budaya, dan potensi Kabupaten Cilacap. Serta mengeksplorasi lebih jauh peluang yang disediakan untuk pariwisata dengan kemajuan teknologi termasuk platform digital,” kata Bupati.

Seperti pada pemilihan sebelumnya, dewan juri membagi penilaian dalam beberapa kriteria. Kategori Mas Intelegensia dimenangkan oleh Rizky Ananda dari Politeknik Negeri Cilacap, dan Mbak Intelegensia Indri Alfiyani, mahasiswi Universitas Indonesia. Wakil 3 Mas Duta Wisata, Deva Akbar dari SMK Negeri 2 Cilacap, dan Wakil 3 Mbak Duta Wisata, Selvi Puspita dari SMK Negeri 1 Bantarsari.

Wakil 2 Mas Duta Wisata, Rahmat Subur dari SMK Negeri Nusawungu dan Wakil 2 Mbak Duta Wisata, Aline Bella dari Politeknik Negeri Cilacap. Untuk Wakil Mas Duta Wisata 1, Anam Naufal dari Politeknik Negeri Cilacap, dan Wakil Mbak Duta Wisata 1, Atika Estining dari Universitas Negeri Semarang. Mas dan Mbak Duta Wisata Favorit, dimenangkan oleh Arifudin Zuhri dari MAN 3 Cilacap dan Rizha Dhea dari Politeknik Negeri Cilacap.

Adapun Mas dan Mbak Duta Wisata terpilih untuk Tahun 2022, yakni M. Firmansyah dari Gandrungmangu, dan Shinta Indah dari SMK Negeri 1 Cilacap.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM