Empat Pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap Dilantik

Empat Pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap Dilantik

CILACAP – Empat orang pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap masa bakti 2019 – 2024 dilantik dan diambil sumpahnya. Pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Jon Effreddi, S.H., M.H. dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cilacap Rapat ke-5 masa sidang I tahun 2019 di Ruang Rapat Lantai II Gedung DPRD Kabupaten Cilacap, Kamis (26/9/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah didasarkan pada surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah, Nomor : 170/86 Tahun 2019, tanggal 19 September 2019, tentang Peresmian 4 (empat) Pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap masa jabatan 2019 – 2024.

Empat Pimpinan DPRD yang di latik dan diambil sumpahnya yaitu Taufik Nurhidayat sebagai Ketua DPRD dari Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP), Sindy Syakir sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Golongan Karya (Golkar), Saiful Musta’in sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Purwati sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Rapat paripurna pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap, dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Farid Maruf, Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap, para Anggota DPRD, jajaran Forkopimda, KPU, Bawaslu, pejabat Setda Cilacap, Kepala OPD dijajaran Pemkab Cilacap dan undangan lain. 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutan yang dibacakan wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Cilacap menyampaikan selamat atas dilantiknya empat pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap.

“Saya ucapkan selamat dan iringan doa semoga Pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap masa jabatan 2019-2024 dapat mengemban amanah dengan baik dan mampu mendukung terwujudnya masyarakat Kabupaten Cilacap yang semakin sejahtera secara merata”, ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengemukakan, sesuai dengan amanat  Pasal 149 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), baik itu DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota  menjalankan fungsi Pembentukan Peraturan Daerah, Anggaran dan Pengawasan.

Fungsi ini, menurut Bupati, dapat dilaksnakan dengan baik, apabila ada  kerja sama yang baik, tidak saja di jajaran DPRD itu sendiri, tetapi juga dengan jajaran eksekutif dan berbagai pihak lainnya.

Bupati juga menyampaikan rasa syukur, karena jalinan kerja sama antara legeslatif dan eksekutif di Kabupaten Cilacap selama ini telah berjalan dengan baik,  dengan tetap menghormati peran dan fungsi masing-masing. 

Sementara itu Ketua DPRD terlantik Taufik Nurhidayat berharap, kedepan yang sudah baik akan lebih baik dan yang kurang baik akan diperbaiki.

“Kami akan segera membentuk AKD (Alat Kelengkapan Dewan) dan sebagainya sehingga kegiatan DPRD dapat dilaksanakan dengan baik”, jelas Taufik.

Dalam Rapat Paripurna tersebut juga dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dua Anggota DPRD yang tidak menghadiri pelantikan pada 13 Agustus lalu, karena masih menunaikan prosesi ibadah haji di Tanah Suci, masing-masing Wiwik Yuning Prapti dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  dan Imam Fauzi dari Partai Amanat Nasional (PAN). (wd/kominfo)

Foto : Empat Pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap masa bakti 2019-2024 saat dilantikm oleh Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Jon Effreddi, S.H.

image_pdfimage_print

Leave a Reply