You are currently viewing Festacap 2020, Kebiasaan Baru dalam Berkreasi Disaat Pandemi

Festacap 2020, Kebiasaan Baru dalam Berkreasi Disaat Pandemi

CILACAP – Sedikit banyak masyarakat harus merubah kebiasaan untuk menyesuaikan diri dengan tatanan kebiasaan baru dimasa pandemi corona (covid-19). Salah satunya adalah kebiasan berkumpul dan berkerumun.

Hal ini yang menjadi apresiasi Wakil Bupati (Wabup) Cilacap Syamsul Auliya Rachman kepada panitia Festival Kesenian dan Budaya Cilacap (Festacap) tahun 2020. Acara tahunan tersebut diselenggarakan secara virtual dan dipusatkan di pendopo Wijayakusuma Cakti pada hari Minggu (13/9).

Dalam sambutannya Wabup mengatakan bahwa budaya bangsa Indonesia adalah budaya yang menyukai kerukunan dan penuh rasa kekeluargaan. Namun budaya itu harus dirubah dan disesuaikan lagi dimasa pandemi.

“Dengan kebiasaan kebersamaan, berkerumun menjadi hal yang berbeda ketika pandemi covid-19 melanda bangsa Indonesia. Virus menular melalui kebudayaan ataupun kebiasaan yang biasa kita lakukan. Oleh karena itu kita harus sedikit banyak merubah kebiasaan kita untuk menyesuaikan diri dengan tata kehidupan baru agar kita bisa terhindar dari virus Corona,” kata Wabup.

Dalam gelaran Festacap 2020, Pemkab Cilacap mendorong semangat yang ditunjukan oleh panitia yang sebagian besar adalah generasi muda.

“Kami mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh adik-adik semua, anak muda, mahasiswa mahasiswi semua yang telah melaksanakan Festacap ini dengan segala tantangannya,” tambah Wabup.

Terkait dengan Festacap yang diselenggarakan secara virtual, Wabup mengingatkan bahwa sudah saatnya para seniman membiasakan diri untuk tidak dilihat secara langsung hasil karya mereka. Teknologi visual akan semakin sering digunakan seiring pandemi covid-19 yang belum berakhir.

“Kita harus membiasakan diri tidak dilihat oleh mata secara langsung, dengan mata kamera jutaan manusia bisa melihat kreasi yang kita tampilkan. Pandemi tidak menghalangi kreasi, kami apresiasi apa yang dilakukan oleh Festacap pada gelaran kelima tahun 2020 ini,” jelas Wabup.(*)

Sumber : Bag. Humas & Protokol Setda Cilacap

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM